Sebentar Lagi Whatsapp Bisa Kirim Pesan ke Aplikasi Lain, Ini Syaratnya

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Meta akhirnya mengungkap rencananya untuk mengobrol dengan pihak ketiga di WhatsApp dan Messenger. Perubahan ini awalnya akan berlaku untuk pengguna di Uni Eropa.

Meta telah meluncurkan notifikasi baru di Messenger dan WhatsApp yang memberi tahu pengguna kapan mereka dapat terhubung ke obrolan dari aplikasi yang baru didukung. Ini memperkenalkan opsi baru untuk menyimpan pesan Messenger dan WhatsApp di kotak masuk yang sama dengan obrolan pihak ketiga atau secara terpisah.

Seperti dilansir The Verge, Minggu (8/9/2024), Meta mengatakan mereka telah melampaui fitur ‘dasar’ yang diperlukan agar perpesanan dapat dioperasikan. Ini menawarkan fitur perpesanan lengkap seperti reaksi, balasan langsung, indikator pengetikan, dan tanda terima telah dibaca.

Tahun depan, Meta juga akan diluncurkan, yang mencakup opsi untuk membuat grup dengan orang lain di obrolan pihak ketiga. Meta juga dikatakan memperkenalkan dukungan untuk panggilan video dan suara pihak ketiga pada tahun 2027.

Meta telah berupaya menghadirkan obrolan pihak ketiga ke WhatsApp dan Messenger untuk pengguna di UE selama beberapa waktu.

Perusahaan ini dianggap sebagai “penjaga gerbang digital” berdasarkan undang-undang pasar digital UE, yang berarti harus mematuhi persyaratan WhatsApp dan Messenger agar dapat bekerja dengan aplikasi pihak ketiga seperti iMessage, Telegram, Google Messages, Signal, dan lainnya.

WhatsApp dan perusahaan lain yang ingin berintegrasi dengan Messenger memiliki beberapa kendala yang harus diatasi, karena mereka harus menggunakan protokol sinyal yang sama untuk menjaga kerahasiaan pesan. Meta mengatakan akan memberikan Signaling Protocol kepada mitra berdasarkan permintaan, dengan salinan perjanjian yang harus ditandatangani oleh aplikasi pihak ketiga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours