Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Minyak kelapa dipercaya memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan kulit serta sangat efektif menenangkan kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi, kemerahan, dan ketidakseimbangan akibat eksim serta kondisi seperti jerawat.

Seperti ditulis laman Hindustan Times, Selasa (15/10), minyak kelapa merupakan obat alami yang ampuh karena memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiinflamasi. Aarthi Vasudev, spesialis kecantikan dan kesehatan di Dr. Arya Vaidya Pharmacy, Coimbatore, mengatakan minyak kelapa juga berperan sebagai pelembab yang menutrisi tubuh dan wajah.

Minyak kelapa berperan sebagai pelembab yang menutrisi wajah dan tubuh, memberikan hidrasi dan perlindungan dari faktor lingkungan berbahaya seperti sinar UV dan polusi. Meningkatkan elastisitas kulit, ujarnya.

Baca Juga: Wamenparekraf Puji Konsep ‘Essential Home’ di Tuang Mungo Mungkin Ada Pilihan. Minyak kelapa juga dapat mencegah penuaan dini.

Sementara itu, Dr Harendra Kaur Arya, ilmuwan dan salah satu pendiri Indus Valley Cosmetics, mengatakan minyak kelapa adalah solusi perawatan kulit yang ampuh, memberikan nutrisi mendalam dan hidrasi yang beradaptasi dengan perubahan musim.

“Minyak kelapa membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan sehat.” Bahan utamanya, asam laurat, menyumbang sekitar 40-50 persen komposisinya, yang menawarkan banyak manfaat, seperti hidrasi yang dalam, mengurangi peradangan, dan perlindungan dari tekanan lingkungan,” kata Arya.

Ditambah lagi, sifat antimikrobanya membantu melawan jerawat dengan menargetkan bakteri sekaligus mempercepat penyembuhan, menjadikannya ideal untuk kulit sensitif, meredakan kemerahan dan iritasi.

Arya menyarankan untuk menambahkan minyak esensial seperti lavender atau tea tree untuk membantu mencegah infeksi jamur dan jerawat selama musim hujan, serta menambahkan beberapa tetes vitamin E untuk meningkatkan hidrasi di musim dingin.

Baca Juga: Sebelum Membeli Minyak Atsiri Perhatikan Hal Berikut Ini Baca Juga: Cara Mudah Membuat Minyak Kelapa Di Rumah

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours