Akhir masa jabatan, Menlu RI apresiasi kerja sama dengan dubes asing

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucapkan terima kasih kepada para duta besar dan perwakilan asing atas kerja samanya selama berakhirnya masa jabatannya di Kabinet Indonesia Progresif pimpinan Presiden Joko Widodo.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas kerja sama yang baik selama 10 tahun terakhir,” kata Retno di hadapan para duta besar yang menghadiri upacara pembukaan pekerjaan pemugaran gedung Pancasila di Gedung Pancasila Republik Indonesia. Kementerian Luar Negeri. Senin di sebuah kompleks di Jakarta.

Ia menegaskan, meski pemerintahan baru akan terbentuk di Indonesia pada 20 Oktober 2024, Indonesia akan tetap menjadi mitra terpercaya dunia internasional dalam mencapai perdamaian dan kesejahteraan bersama.

Menlu Retno menyampaikan, selama 10 tahun menjabat Menlu RI, pihaknya terus berupaya memastikan Indonesia memainkan perannya sebagai pemberi solusi berbagai permasalahan regional dan internasional, antara lain permasalahan Palestina, Afganistan, Myanmar, dan Ukraina. dikatakan.

“Kami berusaha menjadi jembatan dan mitra yang dapat diandalkan bagi komunitas internasional,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, upaya mewujudkan perdamaian dunia dan kesejahteraan bersama merupakan wujud pemenuhan amanat Pembukaan UUD 1945.

Berikutnya Pak Retno menegaskan, Indonesia akan terus konsisten menjaga keadilan dan kemerdekaan rakyat Palestina. Pak Retno menegaskan, Indonesia tidak akan berhenti berjuang hingga Palestina menjadi negara merdeka dan berdaulat.

“Saya juga mengimbau Anda semua untuk memilih sisi sejarah yang benar,” kata Menlu RI kepada duta besar dan perwakilan negara sahabat.

Sehubungan dengan topik tersebut, Bapak Riyad Al-Maliki, Penasihat Luar Negeri Presiden Palestina, juga menghadiahkan Menlu Retno dengan “Palestinian National Order of Merit” yang diberikan oleh Otoritas Palestina.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Otoritas Palestina atas kiprah Pak Retno dalam mendeklarasikan dan membela hak-hak rakyat Palestina di kancah internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours