Ilmuwan Tangkap Suara-suara Menyeramkan dari Medan Magnet Bumi

Estimated read time 2 min read

LONDON – Medan magnet bumi berubah ribuan tahun lalu, dan sekarang kita tahu seperti apa bentuknya.

Peristiwa ini dikenal dengan peristiwa Loscomb dan terjadi 41.000 tahun lalu saat medan magnet bumi bergeser.

Peneliti Denmark dan Jerman menggunakan data dari misi Swarm tiga satelit Badan Antariksa Eropa untuk mempelajari medan magnet planet kita.

Penelitian ini membantu mereka memetakan dan merekonstruksi suara insiden Loskamp, ​​lapor Vienna News.

Bukti perubahan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960an di aliran vulkanik Lascamps di Perancis dan dinamai berdasarkan peristiwa tersebut. Selama peristiwa ini, medan magnet planet kita melemah hingga lima persen dari kekuatan normalnya

Ketika ini terjadi, awan sinar kosmik melewati atmosfer. Para peneliti dari Universitas Teknik Denmark dan Pusat Penelitian Geosains Jerman menunjukkan dalam rekaman mereka bahwa itu adalah suara yang menakutkan.

Peneliti Skandinavia menggunakan rekaman lapangan dari retakan kayu dan batu yang jatuh dan menggabungkannya untuk menciptakan suara aneh dari medan magnet planet.

Meski ini pertama kalinya kita mendengar suara perubahan medan magnet, para ilmuwan telah membuat rekaman medan magnet menggunakan data dari misi Swarm.

Pada bulan Oktober 2022, ESA dan Universitas Teknik Denmark merilis rekaman audio tentang seperti apa medan magnet modern kita. Visualnya juga sama menakutkannya

Sebagai hobi baru-baru ini, para peneliti telah menggunakan suara biasa untuk memodelkan seperti apa medan magnet bumi saat terjadi badai matahari.

Fisikawan TUD yang disponsori proyek, Klaus Nielsen, mengatakan dalam laporan tahun 2022 bahwa gemuruh medan magnet bumi terjadi bersamaan dengan badai geomagnetik yang disebabkan oleh jilatan api matahari pada 3 November 2011.

Pada Halloween, mereka menakuti orang-orang di Solberg Square di Kopenhagen dengan memutar suara melalui 32 pengeras suara bawah tanah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours