BKPM sebut pabrik SEG Solar di KITB dorong pemanfaatan energi bersih

Estimated read time 2 min read

Batang, Jawa Tengah dlbrw.com – Badan Koordinasi Dewan (BKPM) mengatakan pendirian pabrik SEG Solar di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, dapat mendorong penggunaan energi ramah lingkungan di Indonesia.

Harapan BKPM untuk Promosi Investasi Nurul Ichwan di Batang, Jawa Tengah, Senin, mengatakan pembangunan pabrik tersebut menunjukkan komitmen Indonesia dalam mendukung investasi terkait energi terbarukan dan ekonomi hijau.

“SEG Solar akan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan industri energi ramah lingkungan di Indonesia, sekaligus meningkatkan daya saing Kabupaten Batang sebagai pusat perekonomian utama,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia harus berpartisipasi sebagai komunitas global untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Selain itu, kata dia, Indonesia tidak bisa bersaing bisnis dengan kompetitor bisnis lainnya jika tidak memiliki listrik ramah lingkungan.

“Ini adalah contoh bagaimana ekosistem teknologi dapat dibangun dengan panel surya. Mudah-mudahan kita punya kapasitas yang tepat untuk mendukung industri,” ujarnya.

Menurutnya, Kawasan Industri Terpadu Batang merupakan kawasan industri terbaik dilihat dari infrastruktur yang dikembangkan dan status strategisnya.

“Bisa dibilang sulit menemukan kawasan industri seperti ini karena letaknya tepat di sebelah jalan raya dan memiliki pelabuhan sendiri dan akan menjadi kawasan ekonomi khusus,” ujarnya.

Nurul menambahkan, KITB tahap kedua tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah berupaya membantu pasar bagi investor lain yang melamar dan ingin berinvestasi di kawasan tersebut.

“Investasi SEG Solar mencapai Rp5 triliun dan kapasitasnya setelah tiga tahun menjadi 5 gigawatt (GW), 2 GW untuk mencakup pasar luar negeri dan 3 GW untuk pasar dalam negeri, kalau tidak ikut masuk ke pasar lain,” ujarnya.

CEO Kawasan Industri Terpadu Batang Ngurah Wirawan mengatakan, hal ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan visi KITB sebagai kawasan bisnis hijau berkelanjutan.

“Kehadiran SEG Solar memperkuat komitmen kami dalam membangun bisnis yang cerdas, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours