Mengenal Kuliah S3 yang Bakal Dapat Gelar Bergensi dan Jadi Seorang Ahli

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Mendapatkan gelar PhD dan melakukan penelitian di bidang yang diinginkan tentu menjadi sebuah impian. Setelah lulus program doktor, Anda akan mendapatkan gelar doktor yang tentunya merupakan gelar bergengsi karena Anda memiliki spesialisasi di bidang yang Anda geluti. Tentu saja untuk mendapatkan gelar PhD tidaklah mudah karena membutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan tentunya biaya yang tidak sedikit.

Program doktor atau studi doktoral merupakan jenjang pendidikan tinggi yang paling maju dan terspesialisasi. Tujuan studi doktoral adalah untuk melatih para peneliti, akademisi atau ahli di bidang tertentu. Program ini biasanya meliputi:

1. Penelitian Mendalam: PhD lebih fokus pada penelitian independen dan kontribusi baru pada bidang studi tertentu. Melalui studi doktoral diharapkan mampu menghasilkan tesis atau disertasi yang memajukan ilmu pengetahuan di bidang penelitian.

2. Kurikulum: Mahasiswa PhD dapat mengambil berbagai kursus atau seminar lanjutan untuk memulai program. Hal ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang yang diminati.

3. Bimbingan : Mahasiswa PhD akan dibimbing oleh seorang pembimbing atau dosen pembimbing yang akan membantu dalam penelitian dan pengembangan tesis.

4. Publikasi: Banyak program doktor mengharapkan mahasiswanya mempublikasikan penelitian mereka di jurnal akademik atau konferensi sebagai bagian dari proses penyelesaian.

5. Sidang Tesis Kedokteran: Sebagai bagian dari akhir program, mahasiswa S3 harus mempresentasikan dan mempertahankan tesisnya di depan penguji.

Waktu penyelesaian studi doktoral adalah 1 – 3 tahun, tergantung mahasiswanya. Apabila siswa rajin dan cerdas maka pendidikannya dapat selesai dengan cepat. Namun jika mahasiswa tersebut sibuk di luar universitas atau sejenisnya, tentu jangka waktunya akan lebih lama. Batas waktu penyelesaian studi harus 10 semester atau minimal 5 tahun studi.

Anda akan mendapatkan keuntungan jika melanjutkan studi doktoral Anda;

1. Kemampuan meningkatkan kualitas pribadi dan memberikan konsultasi dalam pelaksanaan penelitian.

2. Hubungan yang terjalin akan semakin berkembang. Tak hanya itu, jaringannya terdiri dari peneliti dan konsultan internasional. Tingkat pendidikan rata-rata cukup tinggi.

3. Pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, masyarakat lebih percaya terhadap gagasan yang disampaikan.

Seberapa tertarikkah Anda untuk melanjutkan studi ke jenjang doktoral? Ayo studi PhD program IT hanya di Kampus Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://nusamandiri.info/.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours