Ini Upaya Otoritas Tumbuhkan Optimisme di Ekosistem Kripto

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Di era disrupsi digital ini, jumlah perusahaan yang bergerak di bidang Inovasi Keuangan Digital (IKD) meningkat dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Perkembangan ini harus direspon cepat oleh pemerintah, tidak hanya untuk meningkatkan potensi uang digital, tetapi juga untuk melawan risikonya.

Termasuk pemanfaatan dan adaptasi Teknologi Informasi Sektor Keuangan (ITSK) yang dapat meningkatkan efisiensi dan inklusi dalam industri jasa keuangan. Selain itu, pasca berlakunya UU P2SK, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berperan untuk mengoordinasikan pengaturan dan pengawasan aset digital, serta melindungi masyarakat.

Dengan regulasi yang jelas, ITSK dan aset digital seperti aset kripto dan non-transferable token (NFT) akan memiliki arah yang tepat untuk terus berkembang di Indonesia. OJK sebagai regulator juga memandang perlu menggunakan pengetahuan yang relevan, agar tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi baru.

Di sisi lain, sebagai penegasannya, OJK sebagai pendukung pemanfaatan aset digital meluncurkan usulan pelaksanaan dan pemantauan proses perizinan bagi perusahaan penyedia teknologi informasi keuangan secara cepat, mudah, dan efisien. disebut SPRINT (Gabungan Lisensi dan Manajemen Dokumen).

“Aplikasi ini memudahkan pengajuan permohonan ke regulator sandbox, serta pendaftaran perusahaan penyedia teknologi informasi ke OJK,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Teknologi Informasi, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK Hasan. . Fawzi dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/7/2024).

Berbagai upaya yang dilakukan OJK untuk berkontribusi pada ekosistem kripto turut mendorong tumbuhnya kepercayaan masyarakat dan berdampak positif terhadap jumlah bursa kripto di Indonesia. Pertukaran kripto yang memiliki transaksi terbanyak di Indonesia adalah INDODAX dengan total transaksi sebesar 14.231.209 dolar AS dalam 24 jam terakhir saat berita ini ditulis.

Itu sebabnya pertukaran kripto dan transaksi terbanyak di Indonesia. Selain itu, bursa kripto lain di Indonesia mencatatkan total transaksi sebesar 10.616.385 dolar AS pada periode yang sama menurut CoinGecko.

Oscar Darmawan, CEO Indodax, mengatakan Indodax berhasil memenuhi kebutuhan dan harapan para investor dan trader kripto di Indonesia. “Kami terus berupaya meningkatkan layanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna,” ujarnya.

Selain itu, Indodax selalu berkomitmen untuk menyediakan platform yang aman, mudah digunakan, dan andal. Perlindungan dana dan informasi pengguna adalah prioritas. “Kami terus memperbarui teknologi dan sistem teknis untuk memastikan perlindungan terbaik. Selain itu, kami juga fokus pada edukasi dan peningkatan literasi teknologi keuangan di Indonesia agar masyarakat mengetahui manfaat dan risiko investasi kripto.” ditambahkan.

Sebagai pemimpin pasar, Indodax terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan para member, seperti fungsi “Watch (staking)” dan “Investasi Rutin” dengan fokus menciptakan program edukasi dan tulisan yang dirancang untuk memperluas pengetahuan masyarakat tentang investasi. kripto

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours