Kemenkominfo kedepankan literasi digital untuk hadirkan pilkada damai

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memprioritaskan peningkatan literasi digital dalam upaya menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara damai pada tahun 2024.

“Di tengah derasnya arus informasi, penting untuk memastikan bahwa apa yang kita terima dan sebarkan tetap menjunjung tinggi semangat persatuan dan bukan perpecahan. Oleh karena itu, literasi digital menjadi sangat penting,” kata Dirjen Aplikasi Informatika, Rabu di Jakarta. Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hokky Situngkir.

Dikatakannya, saat ini setiap individu dapat menciptakan dan menyebarkan informasi dan pengetahuan di ruang digital. Namun kemudahan ini bisa menimbulkan masalah jika tidak dibarengi dengan literasi digital.

Hokky mengatakan, pada saat pilkada, ruang digital dapat menjadi arena dialog nasional yang bermanfaat.

Namun, ruang digital juga dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan hoaks dan kata-kata kebencian yang dapat merusak stabilitas pada saat pemilihan kepala daerah.

“Hoaks dan ujaran kebencian dapat mengancam stabilitas, keamanan, dan kesejahteraan kita sebagai sebuah bangsa. Dapat merusak proses demokrasi kita jika kita tidak berhati-hati,” kata Hokky.

Hokky mengungkapkan perlunya pengetahuan dan keterampilan menyaring informasi yang disebarkan melalui ruang digital, serta penerapan etika dalam pemanfaatan ruang digital, termasuk media sosial.

Kemampuan menyaring informasi yang valid akan mencegah penyebaran hoax, dan etika akan membimbing individu untuk bertindak positif di dunia maya, misalnya dengan menghargai pendapat orang lain dan tidak menyebarkan ujaran kebencian.

Oleh karena itu, Hokky mengimbau seluruh masyarakat mempersiapkan diri dengan literasi digital menyambut pesta demokrasi.

“Dengan semakin dekatnya iklim pemilu, kita semua merasakan betapa pentingnya menjaga ruang informasi yang bersih dan sehat. Hanya dengan cara inilah kita dapat menjaga semangat demokrasi yang damai dan menjaga keutuhan negara,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours