FIK UI Latih Puskesmas Jerowaru Buat Resep Rempah Lombok untuk MPASI

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, LOMBOK EST – Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan Resep Makanan Pendamping ASI (MPASI) ala Lombok yakni Bumbu Lombok di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ( NTB) sudah lama sekali. Metode Action Oriented Group (AOG) yang diterapkan pada kegiatan ini terbukti bermanfaat untuk sosialisasi kepada masyarakat Lombok.

Fajr Teri Valvanti, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI dan Fasilitator, mengatakan rempah-rempah AOG Lombok telah diberikan kepada kader kesehatan di puskesmas sebagai upaya pemberdayaan kader dalam membantu warganya dengan bantuan SI MPA yang sesuai. Bumbu Lombok dipilih berdasarkan menu sehari-hari masyarakatnya.

“Para panel sudah dilatih untuk berdiskusi langsung dengan para ibu-ibu, dengan kami, dan kami berharap rempah-rempah asal Lombok ini dapat memudahkan para ibu-ibu dalam memilih sumber makanan dan cara memasak yang sesuai dengan kebiasaan mereka sehari-hari,” kata Fajr. Dalam siaran persnya kepada dlbrw.com di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Menurut Fajr, MPASI metode bumbu Lombok ini disusun berdasarkan kebutuhan nutrisi MPASI berdasarkan jumlah dan jenis tekstur MPASI sesuai kebutuhan dan usia anak. Rempah-rempah asal Lombok, lanjutnya, diharapkan dapat membantu para ibu agar lebih mudah menyiapkan mpesi yang kaya nutrisi. Sehingga stunting dapat dihindari dan anak tumbuh dengan baik dan baik.

Dalam kegiatan ini, kader Posiando dilatih untuk menyampaikan materi terkait langsung bumbu Lombok kepada masing-masing ibu pendukung dalam empat kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri dari satu atau dua petugas kesehatan dengan beberapa duta perempuan.

Manor Subhan, Kepala Puskesmas Jerawaro, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan FIK bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI), Departemen Keperawatan Anak, Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dan BSI Maslahat.

“Kedatangan tim FIK UI ini sejalan dengan program kerja kami yang saat ini sedang dalam proses pemberian makanan tambahan harian bagi anak-anak balita gizi buruk selama beberapa minggu ke depan agar buku Rempah Lombok dapat menjadi referensi makanan. kepada anak-anak, badut yang diganggu,” kata Manor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours