Berpartisipasi di FinExpo 2024, Bantusaku Dorong Peningkatan Literasi Keuangan

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, PT Smartec Teknologi Indonesia (Bantusaku) berpartisipasi dalam Financial Expo 2024 (FinExpo) yang mengangkat tema “Akses Keuangan Inklusif, Mewujudkan Masyarakat Produktif”. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 3 hingga 6 Oktober 2024 di Pentacity Mall dan diselenggarakannya E-Walk Super Block Mall Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rafif Rizqullah, Chief Business Officer PT Smartec Teknologi Indonesia, mengatakan partisipasi BantuSaku merupakan wujud komitmen mendukung program inklusi keuangan. Rafif percaya bahwa pendidikan keuangan sejak dini dapat menjadi kunci untuk membantu masyarakat mencapai kesejahteraan finansial yang berkelanjutan di masa depan.

“Kehadiran BantuSaku di FinExpo 2024 menjadi kesempatan bagi BantuSaku untuk lebih dekat dengan masyarakat dan mengajak mereka belajar keuangan sejak dini,” jelasnya dalam siaran pers, Senin (7/10/2024) di Jakarta).

Sementara itu, OJK, BantuSaku dan Industri Jasa Keuangan (IJK) terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara masif. Berdasarkan data OJK, pada tahun 2024 tingkat literasi keuangan di Indonesia sebesar 65,43% dan indeks inklusi keuangan sebesar 75,02%.

Rafif menjelaskan, kegiatan FinExpo BIK 2024 diharapkan dapat memperkuat pengenalan dan pemahaman masyarakat terhadap permintaan pinjaman Fintech BantuSaku di wilayah Kalimantan, dengan potensi pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang baik. Pada pameran FinExpo, perusahaan membuka stand yang memamerkan produk-produk unggulan BantuSaku.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Mohammad Ismail Riyadi menjelaskan FinExpo 2024 diselenggarakan sebagai bagian dari peningkatan literasi, inklusi, dan penguatan akses masyarakat terhadap keuangan secara lebih luas. “Kami berharap FinExpo ini dapat menjadi ajang pertemuan seluruh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan sesuai kebutuhan masing-masing,” kata Ismail.

Friderica Widyasari Dewi, Direktur Utama Jasa Keuangan OJK Bidang Perilaku Usaha, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen, berharap penyelenggaraan FinExpo 2024 dapat menciptakan iklim masyarakat dengan akses keuangan yang bertanggung jawab dan inklusif serta menjadikannya lebih produktif. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours