Pupuk Lokal Jajaki Peluang Penetrasi Pasar Pertanian Vietnam

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, Jakarta – Potensi pasar pertanian organik masih sangat besar di banyak negara, khususnya Vietnam. Pemerintah Vietnam sangat mendorong penerapan sistem pertanian organik.

Mereka telah mendorong produksi beberapa pupuk lokal, salah satunya adalah Indraya Mitra Persada (IMP168), sebuah perusahaan manufaktur pupuk hayati cair (PHC) yang dikembangkan oleh pengusaha Indonesia Atiko Chandra, yang menggunakan salah satu produknya, Naturgen, untuk memproduksi kacang-kacangan sedang bersiap untuk berekspansi ke pasar internasional. .

NatureGen juga telah menunjuk distributor eksklusif untuk memfasilitasi rencana bisnis ini.

Le Thi Nguyet, direktur Cong Ty TNHC Thuong Mai Van Kim (Perusahaan Perdagangan Van Kim), yang telah ditunjuk sebagai distributor eksklusif NatureGEN di Vietnam dan Kamboja, mengatakan bahwa sebagian besar petani telah meninggalkan pertanian tradisional dan sekarang mereka meninggalkan pertanian tradisional. Ketika negara ini beralih ke pertanian organik, kebutuhan akan pupuk hayati cair berkualitas tinggi di negara ini semakin meningkat.

“Saya dan suami diperkenalkan dengan tayangan IMP168 produk Pupuk Naturegen pada forum bisnis yang diadakan di Nha Trang pada Mei 2024 oleh Ibu Atiku Chandra dan Ibu Siska Hussain di Yogyakarta.

Ia yakin Naturgen menawarkan banyak manfaat dan kemungkinan kepada petani untuk mengatasi permasalahan tanah akibat perubahan iklim, meningkatkan produktivitas sebesar 30-50% dan mengurangi biaya bagi petani.

Perusahaan mengatakan saat ini sedang mengembangkan proses pengujian lapangan untuk efektivitas Nature Gene di wilayah Vietnam.

“Kami sedang memulai proses persiapan uji lapangan di Vietnam sambil menunggu Izin Nature Gene keluar di Vietnam pada tahun 2025,” jelasnya.

Kebetulan, Pupuk Hayati Cair (PHC) NatureGen buatan Indonesia sedang mempersiapkan perluasan pasar internasional. Selain Filipina, Kamboja, dan Malaysia yang juga berminat menggunakan pupuk organik cair, Vietnam merupakan negara paling maju.

Senior Marketing PTIMP 168 Sasika Hussain mengatakan, pihaknya menunggu persetujuan distribusi sebelum melaksanakan rencana demonstrasi (pengujian) dan Vietnam sendiri pada Senin, 26 Agustus 2024. PTIMP di Suleiman Yogyakarta 168 akan dibuka, katanya telah mengunjungi pabriknya. .

“Ketika mereka melihat pabriknya, produktivitasnya, kebersihannya, dan lain-lain, mereka menjadi lebih tertarik. Kami ingin memberikan kepercayaan kepada pemerintah daerah untuk memproduksi pupuk organik, memperkenalkan produk, bahan dan manfaatnya kepada anda,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours