Investor Rusia Masuk IKN, Siap Groundbreaking Akhir September

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kepala Daerah Metropolis Kepulauan (OIKN) Basuki Hadimuljono mengumumkan satu lagi investor asing yang masuk ke IKN. Dengan pengembangan proyek ini, total ada tiga investor asing yang masuk dalam proyek pengembangan baru ibu kota.

Ketiga investor asing tersebut berasal dari China, Australia, dan baru-baru ini dari Rusia. Investor asal Tiongkok tersebut adalah Delonik Group yang akan membangun pusat perbelanjaan, hotel, dan apartemen dengan nilai investasi sekitar Rp 500 miliar. Lalu ada sekolah independen di Australia yang menyerukan pembangunan lembaga pendidikan dengan nilai investasi Rp 150 miliar.

Sementara itu, investor terbaru Rusia, Magnum Estate, berinvestasi dalam pengembangan situs mixed-use IKN. Magnum ini dari Rusia, kata Basuki saat ditemui di Kementerian PUPR, Sabtu (21 September 2024).

Basuki mengatakan peluncuran proyek investor tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Acara seremonialnya harus menunggu dan bertepatan dengan kunjungan Presiden ke IKN. Menurut Basuk, Presiden menjadwalkan ulang kunjungan kerja ke IKN usai rapat kabinet pekan lalu.

Menurut dia, rencananya Presiden akan mengunjungi IKN pada 24-27 mendatang. pada bulan September. Dalam kunjungannya ke IKN, Presiden akan melakukan peletakan batu pertama Tahap VIII.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan total investasi yang masuk ke IKN mencapai Rp 56,2 triliun. Investasi berbagai unit usaha di IKN mencakup berbagai sektor yang terdiri dari 6 proyek di bidang kesehatan, 3 proyek ritel, 10 proyek logistik, dan 8 proyek di bidang perhotelan.

Selain itu, terdapat 2 proyek di sektor energi dan transportasi, 14 proyek di sektor perkantoran dan perbankan, 9 proyek di sektor perumahan dan ruang hijau, serta 3 proyek di sektor media dan teknologi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours