Mengenalkan Batik Sejak Usia Dini

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melalui Yayasan Pendidikan Astra menggelar pertemuan dengan 15 perwakilan Komunitas Jurnalis Foto Jakarta (PFI-J) dengan topik “Pendidikan: Generasi Indonesia” “Peranannya Media dalam Mempromosikan Pendidikan Cerdas” pada Kamis (03/10/2024) di sebuah restoran di Jakarta Pusat.

Sesi pertemuan diawali dengan penjelasan mengenai rencana keberlanjutan program kontribusi sosial Astar yang akan dilaksanakan untuk Indonesia Pintar pada tahun 2025.

YPA-MDR berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang strategis dan tertinggal untuk memenuhi kriteria Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk mewujudkan generasi Indonesia cerdas dengan pola pembangunan menyeluruh 4 pilar. Indonesia

Setiap peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan akademiknya, memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kebahagiaan di daerahnya, mencintai seni dan budaya daerah serta mengembangkan karakter berdasarkan nilai-nilai keindonesiaan serta dilengkapi dengan sarana fisik dan prasarana.

Pada tahun 2024, YPA-MDR akan mencakup 4 wilayah sasaran baru program bantuan pendidikan, yaitu 13 sekolah di Kecamatan Leuidamar Kabupaten Lebak, 14 sekolah di Kecamatan Pandawi Kabupaten Sumba Timur, 6 sekolah di Bentian Besar dan 3 sekolah di Kecamatan Damai. Kabupaten Kutai Barat, dan 6 sekolah di Kecamatan Sikande Kabupaten Serang.

Secara total, YPA-MDR telah menghubungkan 42 sekolah negeri sebagai bagian dari sistem sekolah sasaran dengan status sekolah menengah atas dari perspektif global.

Prestasi yang menjadi batu loncatan YPA-MDR tahun ini antara lain 3 orang siswa penunjang yang berhasil lolos nasional pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), panen perdana melon hidroponik produksi SMKN 1 Pandak, 5 orang guru yang dinobatkan. Peresmian Juara Kompetisi Inovasi Pengajaran (LINKAR) dan Rumah Batik Kecil serta Destinasi Eduwisata Pembuatan Batik Kecil Gedungsari.

Tepat pada tanggal 2 hingga 3 Oktober 2024, YPA-MDR mengadakan pameran karya batik di Kantor Pusat Astra, Gedung B dan Menara Astra dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dan mengajak anggota PFI-J untuk bernyanyi membatik bersama komunitas kecil pembatik. Yogakar

Little Batik Making Community merupakan program pengembangan khusus yang dimulai pada tahun 2021 untuk siswa terpilih dari seluruh sekolah binaan yang hingga saat ini berjumlah 134 siswa, khususnya 99 siswa dari Kecamatan Gedangsari dan 35 siswa dari Kecamatan Pandak yang memiliki minat dan bakat membatik.

Tujuan dari program ini adalah untuk membekali siswa dengan pengakuan dan sarana untuk berkreasi serta meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri mereka karena kami percaya bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui bidang non-akademik yang dapat membekali mereka dengan kecakapan hidup di masa depan. Ketua YPA-MDR Gunawan Salim

YPA-MDR terus mendukung peningkatan pendidikan di daerah-daerah strategis dan berkembang melalui pelatihan akademik dan non-akademik dengan tujuan menciptakan masa depan siswa yang berkelanjutan.

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours