BI DKI gencarkan penggunaan QRIS ke UMKM lewat “Festival Ruang Rasa”

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DKI Jakarta di Jakarta mengumumkan penggunaan “Quick Response Code Standar Indonesia” (QRIS) bagi Usaha Kecil, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai “Pembuatan Ruang Rasa pada tahun 2024″. itu lebih kuat. Festival”. “Kantor ‘Festival Keberangkatan 2024’ masih menjadi bagian dari rangkaian Pekan Nasional QRIS 2024 di Jakarta yang bertujuan untuk mendorong masuknya QRIS di kalangan konsumen dan pelaku usaha,” BI DKI Jakarta (Kpw). Kepala Kantor Perwakilan kata di Jakarta, Senin.

Pameran yang digelar di Central Park Mall, Jakarta Barat dan berlangsung pada 17-25 Agustus 2024 ini merupakan kerja sama antara Bank Indonesia Kantor Perwakilan Daerah DKI Jakarta, PT Yukk Kreasi Indonesia, Central Park Mall dan Going. Kolner.

Acara tersebut menyuguhkan berbagai kegiatan menarik seperti pameran QRIS “pameran” UMKM, pertunjukan tari tradisional Indonesia, dan pertunjukan musik spesial.

Kegiatan tersebut juga menggalakkan “digital urban Tourism” di Jakarta dengan tajuk “Jakarta Ajay Travel”. Masyarakat Jakarta tetap bisa menikmati pertunjukan tari tradisional dan menikmati kuliner Indonesia di Jakarta yang didukung kuat oleh sistem pembayaran digital yang komprehensif. Baca Juga: Memanfaatkan QRIS Bisa Memberi Anda Modal Mendapatkan Pembiayaan dari Bank Menurut Arlyana, UMKM tetap memiliki peran strategis dalam perekonomian Jakarta meski pertumbuhan sistem pembayaran pesat.

“Percepatan ‘pembayaran digital’ para pelaku usaha menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menghasilkan aktivitas perekonomian yang efisien, salah satunya adalah penyelenggaraan ‘event strategis’ yang mengoptimalkan penggunaan QRIS,” kata Arleana.

Selain itu, jelas Arleana, peran ekosistem digital yang komprehensif akan mendorong kekuatan perekonomian Jakarta dalam jangka panjang.

BI DKI Jakarta juga berkomitmen memperkuat penggunaan QRIS oleh konsumen dan pelaku usaha serta mendukung perlindungan konsumen secara komprehensif untuk mendorong UMKM mengadopsi metode pembayaran digital.

Selain itu, kerja sama dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan akan terus diperkuat untuk menjaga keberlangsungan penggunaan QRIS di Jakarta, kata Arleana. Baca Juga: Kepulauan Seribu Punya Pasar UMKM yang Mendorong Produktivitas Sosial Terlebih Dahulu, kata Arleana, kesiapan digital mendorong Jakarta mencapai persentase efektif capaian QRIS sebagai bangsa, dimana Konsumen dan pelaku usaha masing-masing sebesar 17 persen dan volume transaksi sebesar 34 persen. . .

Selain itu, ekspansi QRIS akan terus berlanjut pada kuartal I 2024 yang tercermin dari volume transaksi, pelaku usaha, dan jumlah pengguna QRIS. Pada triwulan I tahun 2024, volume transaksi QRIS sebanyak 333,68 juta atau meningkat 157% (tahun/tahun).

Sementara itu, kekuatan pengguna QRIS juga terus berlanjut. Pada kuartal I tahun 2024, pengguna QRIS mencapai 5,77 juta atau tumbuh 19 persen (year-on-year).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours