Nilai Pasar Timnas Indonesia Melesat ke Posisi 9, Jauh di Atas Vietnam, Apalagi Malaysia

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Nilai pasaran timnas Indonesia melonjak hingga 10 besar Asia, tepatnya ke peringkat 9. Lonjakan nilai pasar tim Garuda disebabkan masuknya dua pemain naturalisasi baru, Mies Hilgers dan Eliano Reynders.

Beberapa waktu lalu Presiden PSSI Eric Thohir mengunggah foto dirinya berjabat tangan dan makan malam bersama dua pemain asal Belanda.

Hilgers dan Eliano sebenarnya pernah mengikuti latihan ringan bersama timnas Indonesia di kawasan Senayan. Namun kedua pemain tersebut sudah kembali ke Eropa dan tidak bisa memperkuat timnas Indonesia saat Indonesia menjamu Australia besok malam.

Kedatangan dua bintang ini memiliki nilai pasar yang tinggi. Otomatis hal ini meningkatkan nilai pasar timnas Indonesia. Berdasarkan data Transfermark per 9 September 2024. Nilai pasar timnas Indonesia saat ini sebesar 16,73 juta Euro atau sekira Rp423,68 miliar.

Jumlah tersebut meningkat pesat, dengan nilai pasar Hilgers mencapai Rp 121,7 miliar dan Eliano Rp 11,3 miliar. Tambahan dua pemain inilah yang menyebabkan nilai pasar Indonesia melambung tinggi.

Sedangkan untuk Asia, Jepang memimpin dengan nilai pasar sebesar 276,13 juta Euro atau sekitar Rp 4,72 triliun. Di peringkat kedua ada Korea Selatan dengan 168,5 juta euro atau sekitar Rp 2,68 triliun, dan di peringkat ketiga ada Iran dengan 46,35 juta euro atau sekitar Rp 786 miliar.

Lawan Indonesia di laga kedua besok malam, Australia, berada di peringkat keempat dengan nilai pasar 48,23 juta euro atau sekitar Rp 824 miliar.

Vietnam yang sebelumnya menjadi tim termahal di Asia Tenggara berada di peringkat 17 dengan nilai 6,83 juta euro atau sekitar Rp 116 miliar, sedangkan Thailand di peringkat 19 dengan nilai 6,43 juta euro atau sekitar Rp 110 miliar. Malaysia berada di peringkat 20 dengan nilai 6,38 juta Euro atau sekitar Rp 109 miliar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours