Museum Nasional sambut kepulangan koleksi lewat Pameran Repatriasi

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Museum Nasional Indonesia (MNI) menyambut kembalinya 288 benda cagar budaya Indonesia dari Belanda dengan pameran restorasi. Presiden Badan Warisan Indonesia (IHA) Ahmad Mahendra dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan banyak kolektor yang datang ke pameran pada Jumat (27/9) menyelesaikan Laporan Restorasi yang hadir pada acara “Pembaruan MNI”. Diadakan pada tanggal 15 Oktober 2024 dan sampai dengan 31 Desember 2024.

Penandatanganan perjanjian pengembalian koleksi tersebut dilakukan pada tanggal 20 September 2024 di Wereldmuseum Amsterdam oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Hilmar Farid dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Belanda. dan Teknologi. Sains Eppo. Bruin.

Benda bersejarah tersebut mengembalikan arca Ganesha, arca Brahma, dua arca Candi Singosari yaitu arca Bhairawa dan Nandi serta 284 benda koleksi Puputan Badung dan Puputan Perang Tabanan. Baca Juga: Kementerian Informasi dan Komunikasi Sebut Museum Perlu Beradaptasi dengan Era Koleksi Patung Candi Singosari yang dikembalikan kali ini melengkapi pengembalian tahun 2023 yang meliputi patung Ganesha, Mahakala, Durga Mahisasuramardini dan Nandishwara.

Penyerahan koleksi warisan budaya ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama yang hadir hari ini terdiri dari 84 koleksi, termasuk empat patung dan 80 koleksi lainnya. Sedangkan penyampaian tahap kedua sedang dalam proses perencanaan.

Pengembalian ini merupakan bagian dari kerja sama kebudayaan antara Indonesia dan Belanda yang dimulai pada tahun 2017 dengan Memorandum of Understanding (MoU), yang bertujuan tidak hanya untuk mengembalikan benda-benda penting, tetapi juga untuk memperdalam pemahaman tentang sejarah kebudayaan Indonesia.

Ahmed mengatakan, sejalan dengan semangat IHA dalam mendefinisikan kembali warisan budaya, pengembalian koleksi yang dikembalikan akan menjadi inti program ‘MNI Open’. Baca juga: Pasca Kebakaran, Museum Nasional akan dibuka kembali pada 15 Oktober 2024. Kepala Unit Museum Nasional Indonesia Ni Luh Putu Chandra Dewi menjelaskan, restorasi benda cagar budaya tersebut dan presentasinya di Pameran Restorasi. ini akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar tentang pentingnya warisan budaya dan sejarah mereka.

Hal ini merupakan bagian dari penguatan karakter bangsa demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Kemudian, sebagai undangan kepada masyarakat, Pameran Restorasi akan menjadi salah satu persembahan utama di ‘MNI Reopens’.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours