10 Rekomendasi Spot Scuba Diving di Indonesia, Nomor 2 Cocok untuk Uji Adrenalin

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Para penyelam memanfaatkan beberapa lokasi penyelaman di Indonesia untuk menikmati keindahan alam laut, mulai dari berbagai jenis ikan, terumbu karang, hingga bangkai kapal karam. Istilah scuba adalah kependekan dari alat bantu pernapasan mandiri di bawah air.

Menyelam dapat diartikan sebagai olahraga yang dilakukan di bawah permukaan laut hingga kedalaman sekitar 40 meter. Saat menyelam, penyelam dilengkapi dengan peralatan dan tangki oksigen yang dipasang di punggungnya.

Penyelam menyelam untuk menemukan dunia bawah laut yang belum pernah dikunjungi manusia. Bagi yang baru pertama kali mencoba menyelam, tidak perlu khawatir karena di lokasi ini biasanya akan ditemani oleh penyelam profesional selama melakukan aktivitas.

Lalu apa saja spot diving di Indonesia yang ideal untuk menguji adrenalin Anda? Berikut 10 rekomendasi lokasi penyelaman di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

Rekomendasi Tempat Menyelam di Indonesia1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

IStock

Taman Nasional Bunaken adalah tempat pertama untuk menyelam. Lokasi ini terkenal dengan surga bawah lautnya. Tak hanya itu, Bunaken juga menawarkan keindahan terumbu karang yang memukau, rumah bagi lebih dari 70% spesies ikan dan karang dunia.

Kedalamannya mencapai 30-40 meter, memungkinkan Anda melihat biota laut yang sangat beragam.

Lokasi : Kecamatan Wor, Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

2. Banua Wuhu, Sulawesi Utara

Banua Wuhu merupakan spot diving yang bagus, namun menarik bagi para pecinta diving untuk mencobanya. Banua Wuhu menyuguhkan pemandangan indah pegunungan dan gua-gua di bawah permukaan laut.

Saat Anda mencoba pengalaman ini, Anda akan merasakan petualangan mendaki gunung dan menyelam yang luar biasa pada saat yang bersamaan. Banua Wuhu merupakan salah satu dari beberapa gunung berapi aktif di Kepulauan Sangihe.

Lokasi : Sebelah Barat Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

3. Raja Ampat, Papua Barat Daya

IStock

Raja Ampat dikenal sebagai surga bawah laut karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa.

Dari hiu karang hingga kuda laut, Raja Ampat merupakan pusat keanekaragaman hayati laut yang penting di dunia, menurut penelitian Universitas Airlangga. Setiap penyelaman menjanjikan petualangan baru.

Anda bisa menggunakan jasa akomodasi bernama Resort Misool, sedangkan Meridian Adventure bisa dijadikan homestay bagi para penyelam.

Lokasi: Provinsi Papua Barat Daya

4. Nusa Penida, Bali

Nusa Penida merupakan tempat yang terkenal dengan sinar matahari dan pari manta. Nusa Penida juga menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa.

Crystal Bay dan Manta Point wajib dikunjungi. Anda dapat menggunakan jasa Alpha World Diving untuk membantu Anda selama menyelam.

Lokasi: Kabupaten Klungkung, Bali.

5. Castle Rock, Kepulauan Komodo

IStock

Selain satwa purba komodo, Taman Nasional Komodo juga mempunyai keindahan bawah laut yang menakjubkan. Batu Bolong dan Tatawa Besar terkenal dengan arusnya yang kuat dan keanekaragaman biota lautnya.

Anda bisa mengunjungi tempat menyelam bernama Castle Rock. Tempat ini menawarkan panorama bawah laut yang indah berupa terumbu karang, pari manta, hiu karang abu-abu, raksasa, tuna, dan lumba-lumba. Tak hanya itu, kawasan Caste Rock terkenal dengan drift divingnya.

Lokasi : Kawasan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

6. Tempat Lompat Saluran, Wakatobi

Spot Channel Dive merupakan tempat ideal bagi pecinta olah raga air seperti scuba diving. Meski arusnya banyak, namun spot ini terbuka bagi beragam spesies ikan seperti unicorn, hiu, dan ikan Napoleon yang bergerombol.

Pengalaman menyelam Anda akan semakin berkesan jika ditemani ikan, terumbu karang, dan keindahan bawah laut.

Lokasi : Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

7. Pulau Weh, Aceh

Stok foto

Pulau Weh terletak di bagian barat Indonesia, tepatnya di Aceh. Pulau ini menawarkan pengalaman menyelam yang damai di kedalaman hingga 30 meter.

Anda bisa merasakan indahnya panorama bawah laut yang indah. Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan Sophie Rickmers, kapal karam Perang Dunia II yang dibangun pada tahun 1917. Bangkai kapal ini menjadi daya tarik tersendiri karena nilai sejarahnya.

Lokasi : Sumatera Barat Laut, Aceh.

8. Gang Saat Ini, Nusa Tenggara Timur

Gang yang ada saat ini masih mempertahankan keasliannya. Karena itu, tempat ini menawarkan pengalaman menyelam yang dekat dengan alam. Anda bisa mengunjungi lokasi Current Alley yang arus lautnya kuat.

Namun Anda akan disambut dengan biota laut seperti hiu martil, hiu putih dan hiu sirip hitam, serta tuna sirip biru raksasa. Tentu saja hal ini menambah pengalaman menyelam.

Lokasi: Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

9. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

IStock

Selat Lembeh merupakan surganya para penyelam dan pecinta fotografi bawah air.

Selat Lembeh terkenal dengan biota lautnya yang unik seperti ikan katak dan gurita cincin biru. Tempat ini sangat ideal bagi pemula yang ingin merasakan pengalaman menyelam.

Lokasi: Pulau Lembeh, Kabupaten Lembeh Utara, Sulawesi Utara.

10. Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pulau Derawan merupakan bagian dari rangkaian yang dikenal dengan nama Kepulauan Derawan, yang terdiri dari enam pulau utama dan beberapa pulau kecil serta terumbu karang.

Pulau ini menawarkan pengalaman menyelam bersama penyu hijau, pari manta, dan barakuda. Tidak hanya itu. Pulau Kakaban juga memiliki laguna ubur-ubur yang menjadi daya tarik pulau ini.

Lokasi: Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Itulah ikhtisar 10 dive center yang direkomendasikan di Indonesia. Semoga ulasan kali ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi penyelaman. MG/Bramcov Stevens Situmeang

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours