Pasang Iklan Online Gratis Bisa Jadi Solusi Pengembangan UMKM Indonesia

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini tidak hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) negara, namun juga menciptakan lapangan kerja bagi jutaan orang.

Data terakhir menunjukkan UMKM menyumbang sekitar 60% total PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 97% lapangan kerja di sektor formal. Namun sektor UMKM seringkali menghadapi tantangan yang menghambat pertumbuhan dan daya saingnya.

Beberapa permasalahan utama yang dihadapi adalah terbatasnya akses pasar, rendahnya visibilitas produk, dan sulitnya mengadopsi teknologi terkini untuk pemasaran.

1. Terbatasnya akses pasar

Banyak UMKM yang masih mengandalkan cara pemasaran tradisional, seperti pemasaran mulut ke mulut dan pemasaran lokal. Hal ini membatasi jangkauan mereka ke khalayak yang lebih luas. Seringkali produk yang berkualitas tinggi sulit dikenali oleh konsumen di luar wilayahnya.

2. Visibilitas produk yang rendah

UMKM seringkali kesulitan untuk menonjol di pasar yang sangat kompetitif. Dengan anggaran yang terbatas, mereka kalah bersaing dengan merek-merek besar yang memiliki kemampuan pemasaran kuat. Kurangnya visibilitas ini juga membuat produk mereka sulit ditemukan oleh banyak calon pelanggan.

3. Kesulitan dalam mengadopsi teknologi

Banyak UMKM yang belum sepenuhnya memahami atau memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran. Hal ini antara lain kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran online, media sosial, dan alat pemasaran digital yang dapat membantu meningkatkan daya saing mereka.

Iklan online gratis dapat menjawab kebutuhan UMKM, sebuah inovasi karya anak Indonesia yang saat ini berkembang pesat dan menjadi solusi bagi 65 juta UMKM di Indonesia untuk meningkatkan pemasaran produknya. Platform ini hadir untuk membantu masyarakat lokal dan UMKM di seluruh Indonesia untuk mengatasi tantangan dalam pemasaran produk.

Di Adasale, UMKM atau pengusaha dapat mengiklankan produk atau jasanya di platform secara gratis. Adasale Marketplace hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut dengan menyediakan platform digital yang terintegrasi dan mudah diakses.

Didirikan oleh peneliti lokal yang memahami kebutuhan dan kendala UMKM di Indonesia, Adasale bertujuan untuk menjadi jembatan antara pengusaha dan pasar yang lebih luas.

“Adacel merupakan hasil upaya kami dalam mendukung dan memberdayakan UMKM Indonesia. Ann Hendriza, CEO dan salah satu pendiri Adasale (PT Indo Global Gemilang, PT Indo Global Gemilang) mengatakan, “Kami menyadari betapa pentingnya peran UMKM dalam perekonomian. perekonomian negara ini dan kami ingin membantu mereka tumbuh lebih jauh melalui teknologi dan solusi pemasaran yang efektif”.

Fitur utama Adacell Marketplace meliputi:

1. Platform Digital Terintegrasi: Memungkinkan UMKM memasarkan produk secara online secara gratis, didukung dengan fitur pengelolaan tampilan dan periklanan yang mudah serta laporan analitis.

2. Akses Pasar yang Lebih Luas: Mempermudah UMKM menjangkau khalayak lokal dan nasional melalui berbagai kategori produk.

3. Alat Pemasaran yang Efektif: Menawarkan periklanan gratis yang hadir dengan fitur berbayar premium dengan harga yang sangat terjangkau, selain didukung oleh fitur periklanan dan analitik untuk meningkatkan visibilitas dan efektivitas periklanan.

4. Dukungan pelanggan profesional: memberikan layanan dukungan responsif untuk mengoptimalkan penggunaan platform.

Sejak awal berdirinya, Adasale telah membantu ribuan UMKM untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas produk. Mutia, salah satu pengguna, berkata, “Adacell telah memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap bisnis kami, memungkinkan kami menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan secara signifikan.”

Adasale berkomitmen mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui program pelatihan dan bimbingan teknologi. “Kami yakin dengan bekal ilmu dan keterampilan yang sesuai, UMKM dapat tumbuh dan bersaing di pasar global,” kata Hendriza alias Ann Hendriza.

Pasar Adasale terus berinovasi dengan rencana peningkatan fitur dan kategori produk serta memperluas akses ke pasar internasional. Bapak Ann Hendriza mengatakan, “Kami akan terus berusaha memberikan solusi yang lebih baik dan efektif. Juga bagi UMKM serta berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours