Nurul Fikri Islamic School Raih ISO 21001-2018 Tentang Sistem Manajemen Pendidikan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Pondok Pesantren Nurul Fikri berhasil meraih sertifikasi ISO 21001:2018 bagi pengelolaan satuan pendidikan SMAIT Nurul Fikri yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat. ISO 21001-2018 merupakan standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen organisasi pendidikan.

SMAIT Nurul Fikri merupakan sekolah Islam terpadu pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 21001-2018 sebagai wujud komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan kepada seluruh siswanya.

Baca juga: Jelang Penerapan UU Perlindungan Diri, ICDX Berikan Literasi ISO 27001

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, pada acara Nurul Fikri Goes to the Next Level Celebration mengatakan, “Sertifikat ISO 21001-2018 yang diperoleh SMAIT Nurul Fikri mencerminkan komitmen Nurul Fikri dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan terstruktur sesuai dengan standar yang ada. standar internasional,” ujarnya, dalam siaran pers, dikutip Kamis (10/10/2024).

Konselor Sekolah Islam Nurul Fikri Musholi mengatakan, karya Nurul Fikri memperhatikan aspek kualitas dan profesionalisme yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Nurul Fikri juga fokus menjaga mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berpikir besar dan strategis bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga: KCG Raih ISO 45001:2018 untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Dijelaskannya, Pesantren Nurul Fikri sebagai pionir sekolah Islam terpadu di Indonesia, dalam kiprahnya sejak didirikan pada tahun 1993, selalu mengupayakan proses pendidikan yang selain memperkuat karakter peserta didik dengan mengacu pada keislaman dan kebangsaan. . nilai-nilai , juga mengembangkan potensi akademik dan keterampilan peserta didik.

Hal ini tertuang dalam akronim SMART (Salih, Muslih, cerdAs, mandiRi dan Terampil) sebagai profil mahasiswa yang ingin kami bangun. Alhamdulillah, sejak berdirinya Sekolah Islam Nurul Fikri, banyak siswa yang mampu meraih prestasi dalam bidang akademik dan non akademik. Pada aspek pengembangan karakter misalnya, Pesantren Nurul Fikri merupakan sekolah yang mempunyai prestasi tertinggi dalam pengembangan pramuka yaitu pramuka garuda dan tertinggi di kota depok.

Begitu pula pada aspek akademik, SMA IT Nurul Fikri merupakan sekolah terbaik di Kota Depok berdasarkan rata-rata hasil UNBK tahun 2017 dan rata-rata hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UTBK) tahun 2022 dengan tingkat penerimaan di PTN dan PTLN sebesar 87.3. % pada tahun 2024.

Perolehan Sertifikat ISO 21001:18 bukan sekedar sebuah penghargaan, namun merupakan langkah awal menuju jenjang selanjutnya yaitu tingkat internasional, setelah sebelumnya memperoleh akreditasi nasional dengan nilai A.

Salah satu program internasional yang dirancang adalah Nurul Fikri Immersion Program (IMPRUF). Program ini merupakan kegiatan hidup di negara maju untuk mempelajari aspek-aspek positif dari negara maju tersebut. Dalam program ini siswa akan bertemu dan berdiskusi dengan siswa di negara tujuan.

Selain itu, mahasiswa juga akan mengunjungi beberapa kampus kelas dunia. Program ini diharapkan dapat mempersiapkan siswa menjadi warga global yang dapat berkontribusi bagi Indonesia dan dunia sesuai visi Sekolah Islam Nurul Fikri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours