Kementerian PUPR rekonstruksi Pasar Rakyat Jailolo di Maluku Utara

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rekonstruksi Pasar Rakyat Jalolo di Halamhéra Barat, Maluku Utara untuk meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana berdagang masyarakat agar lebih aman, nyaman, bersih, tertib dan estetis (tidak kotor).

“Semoga manfaat infrastruktur pasar yang berkualitas segera dirasakan, terutama dengan terjaminnya distribusi bahan pokok dan membantu pemerataan sektor riil atau UMKM di desa-desa terpencil di seluruh Indonesia,” kata Basuki di Jakarta, Sabtu.

Pasar mempunyai peranan penting dalam menjalankan perekonomian masyarakat. Untuk itu, Kementerian PUPR berkomitmen melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi pasar untuk mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah pembangunan Pasar Rakyat Jalolo di Halamhéra Barat, Maluku Utara.

Balai Prasarana Perumahan Daerah (BPPW) Maluku Utara melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum sedang melakukan revitalisasi Pasar Jelolo pada TA 2023 – TA 2024. Pasar ini dibangun pada September 2023 dan ditargetkan selesai pada Juli Tahun 2024. Saat ini progres pembangunan Pasar Rakyat Jalolo sudah mencapai 97,6 persen.

Rekonstruksi dan restorasi Pasar Rakyat Jalolo akan mengadopsi konsep rumah adat Sasadu dengan dekorasi dari beberapa kain khas yang terdapat di Maluku Utara. Pekerjaannya terbagi menjadi tiga gedung, Blok A dan Blok C, dan gedung baru sedang dibangun kembali.

Sedangkan rehabilitasi bangunan hanya dilakukan di Blok B. Blok Bangunan A seluas 2.016 m2 diperuntukkan sebagai pasar sayur, Blok B seluas 1.276 m2 dijadikan warung sembako dan Blok C yang digunakan seluas 1.848 m2. Pasar ikan dan warung.

Lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3), pekerjaan struktur (Blok A dan Blok C), pekerjaan arsitektur dan mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) untuk Blok A, Blok B dan Blok C.

Pasar Rakyat Jelolo dibangun dan direhabilitasi oleh kontraktor PT Simendang Shakti Kontakindo dan pengelolaan konstruksi oleh PT Astik Gria Consultants dengan nilai kontrak Rp 49,1 miliar.

Diharapkan melalui rekonstruksi dan rehabilitasi Pasar Rakyat Jalolo dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di kawasan kegiatan jual beli di Kabupaten Halamhéra Barat.

Selain itu juga diharapkan tercipta pasar rakyat yang nyaman, bersih, rapi dan terpadu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours