Anggota DPR nilai Pertamina mudahkan akses energi di pelosok

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan menyambut baik upaya PT Pertamina (Persero) memperluas kapasitas distribusi hingga pelosok Tanah Air karena akan memudahkan akses masyarakat terhadap energi.

“Saya mengapresiasi upaya Pertamina dalam memperluas outlet BBM nonsubsidi. “Hal ini akan memudahkan akses energi sehingga masyarakat di daerah terpencil dapat menikmati bahan bakar berkualitas,” kata Nassim dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Naseem, upaya Pertamina memenuhi kebutuhan BBM mulai dari perkotaan hingga pedesaan hingga pelosok nusantara memiliki tantangan tersendiri.

“Pendistribusian listrik di Pertamina saat ini merupakan jalur yang paling kompleks sehingga perlu dikelola dengan sebaik-baiknya,” kata Nasim.

Di sisi lain, Nassim tidak memungkiri ekspansi Pertamina hingga ke pelosok tidak sepenuhnya menguntungkan dari sisi bisnis.

Namun, sesuai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang Perusahaan Negara, lanjut Nasim, BUMN seperti halnya Pertamina harus menjalankan perannya sebagai badan ekonomi di satu sisi, namun pada saat yang sama harus menjalankan fungsi yang berkaitan dengan perusahaan negara. . Fokus hanya pada aspek komersial.

“Tentu berbeda dengan swasta,” kata Nasim.

Berbagai upaya yang dilakukan Pertamina, lanjut Nasim, juga berperan penting dalam menjaga ketahanan energi dan menggerakkan roda perekonomian di tanah air.

Sesuai amanat undang-undang tersebut, dalam pengelolaan energi nasional, Pertamina juga mengacu pada prinsip akses, keterjangkauan, keterjangkauan, akseptabilitas, dan keberlanjutan.

“Salah satu peran strategis Pertamina saat ini adalah mendukung ketahanan energi Indonesia dengan mendukung pasokan seiring dengan meningkatnya permintaan energi,” kata Nassim.

Terkait penyaluran hingga ke pelosok, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahan mengatakan hal itu merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan akses energi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saat ini terdapat lebih dari 14.000 fasilitas distribusi BBM yang dioperasikan oleh Pertamina Patra Niaga dan tersebar di seluruh wilayah, baik di perkotaan maupun di pelosok desa. “Ini bagian dari pemerataan energi, keterjangkauan, dan kemudahan masyarakat mendapatkan bahan bakar,” kata Riva.

Saat ini terdapat lebih dari 6.300 SPBU untuk SPBU reguler, disusul lebih dari 6.600 outlet desa untuk Pertashop.

Tak terkecuali Riva, Pertamina Patra Niaga juga mengoperasikan lebih dari 400 SPBU perikanan.

Dari segi harga, Riva Pertamina Patra Niaga mengaku mendistribusikan BBM dengan harga terjangkau, namun proses pendistribusiannya sangat bervariasi.

“Selain keterjangkauan, kami juga terus mendukung upaya pemerintah menjaga stabilitas perekonomian dengan memberikan harga BBM yang paling kompetitif dan tidak bersubsidi,” kata Riva.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours