Mengapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga Manusia, Ini Jawabannya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Saat keluar rumah pada malam hari, pasti banyak mendengar kicauan jangkrik. Anda juga dapat mendengar suara nyamuk yang mengganggu berdengung di sekitar wajah Anda.

Tampaknya mereka paling menyukai satu area: telinga Anda. Apakah mereka berbisik di telingamu? Lalu mengapa nyamuk suka berdengung di telinga Anda?

Pertama, nyamuk tertarik pada panas dan karbon dioksida, yang terus-menerus kita hirup. Dengan cara ini nyamuk bisa menyerang kita.

Semakin keras kita bernapas, semakin banyak panas dan karbon dioksida yang kita hasilkan. Artinya, saat kita berolahraga dan bernapas dengan keras, kita menarik lebih banyak nyamuk.

Kedua, saat kita beraktivitas di luar ruangan, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan. Hal ini menjadikannya sasaran empuk bagi nyamuk yang mengganggu.

Intinya adalah; Nyamuk pada umumnya tidak lebih tertarik pada telinga kita dibandingkan kepala kita.

Pakaian berwarna gelap dan golongan darah adalah faktor lain yang membuat nyamuk lebih tertarik pada seseorang dibandingkan orang lain. Ya, itu berarti beberapa orang memiliki “darah yang lebih manis” dibandingkan yang lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang bergolongan darah O lebih tertarik pada nyamuk dibandingkan orang bergolongan darah lain.

Karena 85% orang menghasilkan cairan yang menunjukkan golongan darahnya, ini adalah cairan yang sangat penting yang dapat menentukan golongan darah yang dimiliki kebanyakan orang. Nyamuk dapat berbicara dengan “bahasa” ini dan memprediksi golongan darah seseorang. Menarik bukan?

Suara dengungan nyamuk merupakan suara yang tidak asing lagi. Tahukah Anda bahwa suara dengungan yang Anda dengar saat nyamuk datang berasal dari sayapnya? Nyamuk dengan cepat mengepakkan sayapnya dan mengeluarkan suara mendengung yang khas, menandakan akan segera terjadi gigitan. Jadi, lain kali Anda mendengar nyamuk berdengung di telinga Anda, berhati-hatilah!

Nyamuk betina dan jantan mengeluarkan suara nyamuk yang khas, namun nyamuk betina mengeluarkan suara yang lebih tinggi dibandingkan nyamuk jantan. Meskipun nyamuk terdengar berdengung, kebanyakan orang tidak pernah mendengarnya. Karena nyamuk jantan memakan nektar dan tumbuhan, mereka tidak menyerang manusia seperti nyamuk betina. Artinya nyamuk jantan tidak membahayakan kulit Anda yang tidak terlindungi!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours