Pecahkan Rekor, Chevrolet Corvette ZR1 Melesat 375 Km per Jam

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Chevrolet Corvette ZR1 2025 sukses mencapai kecepatan 233 mil per jam atau 375 kilometer per jam, memecahkan rekor sebagai mobil tercepat yang diproduksi di Amerika Serikat.

Rekor kecepatan tersebut diraih oleh Presiden General Motors Mark Reuss saat mengendarai Chevrolet Corvette ZR1 2025 di trek uji di Papenburg, Jerman. Dengan rekor tersebut, Chevrolet Corvette ZR1 2025 memecahkan rekor kecepatan tertinggi yang tidak dapat dicapai oleh mobil produksi saat ini yang harganya kurang dari $1 juta.

“Memecahkan rekor kecepatan tertinggi Corvette ZR1 merupakan kemenangan sejati bagi Corvette dan Chevrolet, dan merupakan pengalaman yang menggembirakan bagi saya pribadi,” kata Royce.

“Seiring dengan generasi saat ini yang bergerak menuju mesin menengah, kami tahu bahwa kinerja dan keseimbangannya yang unggul akan memungkinkan hal tersebut.”

ZR1 ditenagai oleh mesin V8 paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh perusahaan mobil Amerika. Pada tahun 2020, Corvette beralih ke arsitektur mesin menengah, menghadirkan tingkat kinerja dan inovasi baru.

Insinyur Chevrolet memanfaatkan pengetahuan luas GM dalam pengembangan perangkat lunak, pemodelan, dan perangkat keras untuk menetapkan standar kecepatan baru bagi produsen mobil Amerika tersebut.

Corvette ZR1 mencetak rekor dengan sasis standar dan paket aerodinamis, spoiler standar tenunan pendek, ground effect serat karbon, serta ban Michelin Pilot Sport 4S dan velg aluminium.

Insinyur Chevrolet mengembangkan mode kecepatan tinggi khusus untuk digunakan di jalan tertutup. Mode ini menyesuaikan sistem kendali sasis untuk mencapai kecepatan maksimum. Corvette ZR1 mencapai 333 mph dengan mesin di redline gigi 6.

Selama pengujian, termasuk pemecahan rekor Royce, para insinyur duduk di kursi penumpang dan menganalisis data secara real time. Mencapai kecepatan 333 mph bukanlah pencapaian satu kali. Lima insinyur dan mobil pengembangan ZR1 di lapangan melampaui 230 mph dalam beberapa pengujian.

Lintasan Papenburg menyediakan kondisi ideal untuk pengujian kecepatan tinggi seperti suhu dan kepadatan udara. Insinyur Chevrolet sebelumnya menetapkan kecepatan tertinggi untuk Camaro ZL1 generasi keenam serta Corvette ZR1 generasi keenam dan ketujuh.

ZR1 adalah mobil tercepat yang pernah diproduksi GM. Corvette ZR1 2025 ditenagai mesin V8 flat-crank LT7 DOHC twin-turbocharged berkapasitas 5,5 liter. Menurut pedoman SAE, mesin ini menghasilkan 1.064 tenaga kuda pada 7.000 rpm dan torsi 828 lb-ft pada 6.000 rpm, yang merupakan tenaga tertinggi yang pernah dihasilkan dari pabrik Corvette dan tenaga terbesar yang pernah diproduksi oleh pembuat mobil mesin yang pernah diproduksi di Amerika. Mobil ini dilengkapi paket aerodinamis serat karbon yang sengaja menghasilkan lebih dari 1.200 pon downforce pada kecepatan tertinggi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours