UMJ Dampingi 3 PTMA Jalin Kerja Sama Internasional di Thailand

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mendampingi tiga PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aysia) dalam menjalin kerja sama internasional dengan sekolah-sekolah di Thailand. UMJ diketahui menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah di Thailand.

Ketiga PTMA tersebut yakni UM Buton, UM Bandung dan Umsida resmi menyetujui kerja sama internasional dengan sekolah-sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Aula Sekolah Sangkhom Wittaya, Songkhla, Thailand pada Rabu (8/7/2024) lalu. ). .

Dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman kali ini, maka peran mahasiswa khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyah dapat ditingkatkan dalam mewujudkan Katur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyah. UMJ sebelumnya bermitra dengan total 30 sekolah anggota Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Sebagai implementasi kerjasama tersebut, UMJ melaksanakan KKN Internasional yang juga diikuti oleh mahasiswa dari tiga PTMA.

Presiden Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMJ Prof Dr Tri Yuni Hendrawati, MSc, menjelaskan UMJ telah membantu ketiga PTMA mengembangkan skema dan program KKN. Pada kesempatan ini, tiga PTMA mengikuti skema KKN Internasional UMJ.

Sebanyak 14 mahasiswa UMJ, 5 mahasiswa UM Bandung, 2 mahasiswa UM Sidoarjo dan 3 mahasiswa UM Buton mengikuti program ini selama 27 hari. Selain itu, program Pengabdian kepada Masyarakat juga dilakukan oleh guru-guru dari masing-masing PTMA.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman antar budaya dan memperkaya pengalaman pendidikan siswa dan guru kedua negara. KKN Internasional berupaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari budaya negara setempat serta mengembangkan dakwah Islam.

KKN Internasional merupakan bagian dari proses melatih mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan internasional dalam masyarakat dengan dinamika budaya yang beragam.

Program ini menjadi parameter pengembangan program pengabdian masyarakat di lingkungan UMJ agar mencapai standar internasional dan membuahkan hasil yang terukur.

Tri Yuni juga menjelaskan, selain ketiga PTMA tersebut, ada juga UM Cirebon yang mendapat bantuan dari UMJ dalam proses kerjasama dengan lembaga pendidikan di Kamboja.

“Harapannya, setelah akreditasi semakin tinggi, UMJ mampu internasionalisasi dan mengajak PTMA lain untuk bekerjasama dalam KKN dan program pengabdian kepada masyarakat,” kata Tri Yuni saat dimintai keterangan di Aula LPPM UMJ, Kamis (15/8/2024). .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours