KPKP DKI sasar hewan tak berpemilik untuk sterilisasi dan vaksinasi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Dinas Keamanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan sterilisasi dan vaksinasi hewan tanpa pemilik untuk menjamin kesehatan hewan di Jakarta. “Tujuan kami sebenarnya untuk melibatkan masyarakat atau komunitas dalam memberikan informasi tentang hewan jika diperlukan,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, dalam pertemuan di Jakarta Selatan, Rabu.

Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, pihaknya melakukan bakti sosial atau kegiatan bersama komunitas pecinta binatang untuk saling berbagi informasi.

Selain itu, dengan bantuan staf dari Radhiyan Pet and Care, Animal Defender dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), kami dapat menghemat anggaran pemerintah. Baca juga: KPKP DKI Gandeng Masyarakat Sterilkan Kucing di Kawasan GBK. Ia percaya jika seekor kucing memiliki pemilik, maka pemiliknya mempunyai tanggung jawab untuk memastikan kesehatan hewan peliharaannya. Di saat yang sama, kemudahan ini sulit didapat bagi kucing tanpa pemiliknya.

“Apa jadinya hewan yang tidak ada pemiliknya? Ini menjadi pekerjaan rumah,” ujarnya.

Jika banyak hewan yang perlu dikebiri atau divaksinasi, Pusat Pelayanan KPKP DKI juga terbuka untuk dihubungi dan siap berangkat ke lokasi (jemput bola).

“Setiap cabang KKPKP di berbagai wilayah di DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan massal dan sejenisnya, maka kegiatan tersebut harus dilayani oleh semua orang,” ujarnya. Baca juga: 2.546 Hewan Terjangkit Rabies di Jakarta Pusat. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat menjadikan Jakarta bebas rabies di masa depan.

Dinas KPKP DKI menargetkan vaksinasi rabies pada 46.267 hewan penular rabies (HPR) pada tahun 2024, sehingga Jakarta bebas rabies.

Hingga Agustus 2024, KPKP DKI telah mencapai 54% dari targetnya.

Sedangkan angka sterilisasi hingga Agustus 2024 telah mencapai 53,3% dari target 9.300 hewan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours