Donald Trump Ikut Berbicara soal Mobil Listrik China

Estimated read time 2 min read

NEW YORK — Donald Trump meningkatkan ancamannya untuk mengenakan tarif besar pada mobil impor dari Tiongkok, Meksiko, dan Eropa jika ia menjadi presiden.

Berbicara di Economic Club of Chicago pada hari Selasa, Trump mengecam produsen mobil Eropa termasuk Mercedes-Benz dan berjanji akan mengenakan tarif tinggi pada mobil impor.

Mereka mengklaim ini adalah satu-satunya cara untuk memaksa produksi kembali ke Amerika Serikat.

“Kami akan mengenakan tarif pada produk tersebut, dan Anda tahu apa yang bisa mereka lakukan? Mercedes-Benz akan memproduksinya di Amerika Serikat,” kata Trump, mengejek kehadiran perusahaan tersebut di AS.

“Semuanya dibuat di Jerman dan dipasang di sini. Mereka melakukan pembunuhan,” kata mantan presiden tersebut.

“Mereka tampil secara langsung dan kita bisa meminta anak-anak kita melakukan itu,” tambah Trump.

Serikat pekerja United Auto Workers menanggapi komentar di Twitter: “Trump adalah orang yang keropeng.”

Kemarahan calon presiden dari Partai Republik juga terfokus pada impor mobil dari Meksiko.

“Jika saya menjadi presiden negara ini, saya akan mengenakan tarif 100%, 200%, 2.000% [pada mobil yang berasal dari Meksiko],” katanya.

“Mereka tidak akan menjual satu mobil pun ke Amerika,” tambah Trump.

Saat menjabat di Gedung Putih pada tahun 2017 hingga 2021, Trump melancarkan perang dagang dengan Tiongkok dan sekutu G7 serta menegosiasikan ulang perjanjian perdagangan dengan Kanada dan Meksiko.

Namun mantan presiden tersebut memperluas cakupan dan skala janji perdagangannya selama kampanye tahun ini, berjanji untuk mengenakan tarif hingga 20% untuk semua impor, 60% untuk semua impor Tiongkok, dan tarif lainnya di negara-negara yang berubah. Sebaliknya gunakan dolar AS.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours