PGN Pastikan Gas Bumi Mengalir di IKN Jelang Perayaan HUT Kemerdekaan RI

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, PENAJAM — PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama Pertamina jelang acara peringatan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN). Subholding Gas mendukung aliran gas bumi dan kesiapan penggunaannya. PGN menyuplai gas bumi ke IKN dengan menggunakan kombinasi layanan off-pipeline berupa Compressed Natural Gas (CNG).

Pada tahap ini, LNG diangkut dalam bentuk silinder yang disebut Gaslink Cylinder. IKN menawarkan dua jenis tabung Gaslink yaitu tabung Gaslink 24 meter kubik dan tabung Gaslink/mini silinder 4 meter kubik.

Pada Minggu (8/11/2024) di lokasi kantor Kementerian (RTJM) 105 dipasang tabung Gaslink dan gas pertama dialirkan pada level tersebut. RTJM memiliki 12 unit Tabung Gaslink yang tersebar di delapan kecamatan. Selain RTJM, tabung gas juga dipasang di Istana Negara, Istana Garuda, Kantor Sekretariat Presiden, ASN 4 Tower B dan C, ASN 1 Tower B dan Tower C, Apartemen BIN, Apartemen POLRI, Tower Paspampes, Beranda Nusantara, dan Hotel Nusantara. (dari klien hingga pembeli swasta). Total instalasi Gaslink Cylinder sebanyak 34 unit yang siap melayani kebutuhan gas bumi IKN.

Untuk menjamin pasokan gas bumi ke IKN, PGN sedang membangun pipa gas sepanjang 61,1 km di Kawasan Umum Pusat (KIPP) Sub WP 1A. Saat ini pasokan gas diangkut dari Balikpapan, Kalimantan Timur melalui angkutan antarmoda gas bumi.

Pasokan gas bumi ke IKN merupakan wujud komitmen PGN sebagai pelaksana kerja Pertamina dari pemerintah untuk menyuplai gas bumi ke perusahaan-perusahaan. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan PGN terhadap rencana pemerintah membangun kawasan usaha hijau di IKN. Karena biayanya yang rendah dibandingkan bahan bakar fosil lainnya, gas alam dapat menjadi pilihan yang sangat baik sebagai sumber energi ramah lingkungan.

“PGN berkomitmen memenuhi amanah pemerintah untuk menyediakan energi bersih di IKN. PGN saat ini berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan layanan gas bumi dapat beroperasi dengan aman untuk mendukung kesiapan dunia usaha dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan RI IKN,” ujar Korporasi PGN. Sekretaris. , Fajria Usman, dalam keterangan resmi, Selasa (13/8/2024).

Fajria melanjutkan, PGN terus berupaya untuk dapat mencanangkan pengembangan teknologi alam di IKN sesuai dengan tujuannya. PGN sedang menyiapkan jaringan gas untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri di IKN yang diperkirakan mencapai 9.996 sambungan domestik (SR).

PGN bekerja sama dengan Manajemen IKN dan pihak lain untuk memastikan pasokan gas bumi ke IKN dapat membawa manfaat positif dan sejalan dengan tujuan Indonesia untuk mencapai net zero emisi pada tahun 2060. pelayanan energi yang aman dan ramah lingkungan.

“Pada masa transisi energi, gas alam dinilai sebagai energi yang bersih dan ramah lingkungan karena emisi CO2 yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan penggunaan gas alam dibandingkan bahan bakar fosil lainnya sehingga memaksa negara beralih ke impor energi,” kata Fajria.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours