Slovakia akan kirim 2,5 ton bantuan kemanusiaan ke Lebanon

Estimated read time 1 min read

MOSKOW dlbrw.com – Pihak berwenang Slovakia akan menggunakan pesawat militer untuk mengirimkan 2,5 ton bantuan kemanusiaan berupa makanan dan obat-obatan ke Lebanon, yang juga akan digunakan untuk mengevakuasi warga negara Slovakia dari wilayah tersebut, kata Menteri Luar Negeri Juraj Branar.

Sebelumnya pada hari Rabu, pemerintah Slovakia menyetujui pengiriman 30 tentara Slovakia ke Lebanon untuk mengatur evakuasi warga negara Lebanon.

“Kami telah melakukan semua persiapan hari ini, pemerintah telah menyetujui penggunaan pesawat militer pada penerbangan pertamanya ke Beirut, yang juga akan mengangkut pasokan kemanusiaan. Ini terutama mencakup makanan dan obat-obatan, dengan berat 2,5 ton,” Branagh kepada wartawan, Rabu (2/10).

Ia menambahkan, lebih dari 30 warga Slovakia telah mengajukan permohonan evakuasi dari Lebanon.

Branagh menambahkan, Republik Ceko, Siprus, Polandia, dan Kroasia juga telah menyatakan minatnya untuk menggunakan pesawat Slovakia untuk mengevakuasi warganya.

Gerakan Hizbullah yang berbasis di Israel dan Lebanon telah melancarkan serangan roket berulang kali sejak pekan lalu.

Israel mengirim pasukan melintasi perbatasan minggu ini, dan bentrokan darat dimulai pada Rabu pagi. Banyak negara telah mengevakuasi warganya dari Lebanon karena masalah keamanan.

Serangan rudal Iran ke Israel pada Selasa (1/10) memperburuk ketegangan di kawasan.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours