HK Sebut Dua Ruas Tol di Sumatera Segera Rampung

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) atau HK memastikan dua proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tahap I pembangunannya menunjukkan kemajuan signifikan. Executive Vice President (EVP) Corporate Secretary Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, tersedia lahan untuk pembangunan jalan Padang-Sicincin (36 km) di Provinsi Sumatera Barat dan Sigli – Banda Aceh Part I. Padang Tiji. – Jalan Seulimum (25 km di Provinsi Aceh hampir selesai, sehingga diharapkan proses pembangunannya berjalan lancar.

“Hutama Karya berharap kedua ruas ini dapat diselesaikan secepatnya pada kuartal III dan IV tahun 2024 untuk memperlancar komunikasi dan pergerakan antar kabupaten,” kata Adjib dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/). 7/2024).

 

Adjib mengatakan, progres pembebasan lahan di kawasan Tol Padang-Sicincin meningkat hingga 96,68 persen, dan progres konstruksi mencapai 67,20 persen hingga akhir Juni. Saat ini progres pembebasan lahan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Part I Padang Tidji-Seulimum telah mencapai 76,65 persen sesuai Penegasan Tapak Lama dan Tambahan serta progres pekerjaan fisik jalan tol tersebut telah mencapai 88,55 persen.

 

Adjib mengatakan, keberadaan tol Padang-Sicincin akan mempersingkat waktu tempuh Padang-Sicincin dari 1,5 jam menjadi 30 menit dan berpeluang dikembangkan di kawasan sekitarnya. Saat ini Tol Sigli-Banda Aceh memiliki total panjang 74 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi. Jika sudah terkoneksi penuh, Tol Sigli-Banda Aceh akan dilengkapi 6 simpang susun, 7 gerbang tol dan lajur 2×2 pada tahap pertama dengan perkiraan kecepatan 100 km per jam, kata Adjib. 

 

Menurut Adjib, Hutama Karya akan membangun empat tempat istirahat (TIP) yang diharapkan selesai pada kuartal III. Ruas yang dikerjakan adalah Seksi 2 sampai 6 (Seulimeum-Baitussalam) dengan panjang 49 km. “Jika Tahap I selesai maka jalan tol Sigli-Banda Aceh akan terkoneksi penuh dan dapat mempersingkat waktu tempuh Sigli hingga Banda Aceh yang tadinya 2-2,5 jam menjadi hanya 1-1,5 jam,” kata Adjib.

 

Sebelumnya, Dirjen Hutama Karya Budi Harto saat menjalani sidang bersama Komisi XI DPR menjelaskan perkembangan perkembangan terkini, dan tujuan dibangunnya JTTS. Menurut Budi, Hutama Karya mengerjakan Tol Trans Sumatera sepanjang 800 kilometer hingga 25 Juni dan diperkirakan tahap I dan tahap II akan selesai pada 2024.

 

Hingga saat ini Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 1.030 km, termasuk jalan tol yang didukung konstruksi. Pembangunan Jalan Tol sepanjang 230 km dan jalan Operasional sepanjang 800 km, kata Budi.

 

Hutama Karya kumpulkan PMN 2025 Rp 13,86 triliun… (baca halaman selanjutnya)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours