DKI dan BPS berkolaborasi petakan potensi Rukun Warga

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta berkolaborasi dengan perangkat daerah setempat mengumpulkan kemampuan Rukun Warga (RW) Jakarta dalam satu kesatuan data yang diberi nama “Satu Data RW”. .

Menurut Octo Alexandro, Kepala Dinas Penerangan dan Statistik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, gabungan data RW nantinya tidak hanya bisa menampilkan kondisi wilayah, tapi juga laporan wilayah, sumber daya, dan kesejahteraan sosial.

“Peluang RW tidak hanya di tingkat kabupaten, tapi juga puskesmas dan pendidikan. BPS perlu bimbingan dari DKI agar proses ini lebih tepat sasaran. Kita harapkan bisa menjadi gambaran tempat, sumber daya, dan stabilitas masyarakat, ” katanya. Octo di Jakarta, Kamis.

Menurut Okto, data yang terkumpul nantinya dapat digunakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) DKI untuk analisis kebijakan dan kebutuhan lainnya. Satu Data RW saat ini sedang diperiksa.

Hal senada juga diungkapkan Ahli Statistik Madya BPS DKI Theresia Parvati. Dia mengatakan, Satu Data RW nantinya akan menerbitkan monografi RT/RW.

“Nantinya ada peta RT/RV, di mana kita akan memaparkan ide-ide untuk mencegah terjadinya sampah,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu tanda kota dunia adalah tidak adanya sampah. Kini untuk menghilangkan area sampah diperlukan penanda sampah dan mulai diproduksi.

Theresa mengatakan, BPS berperan sebagai pengawas DKI dan saat ini menunggu masukan dari industri terkait pengembangan Data Satu RW.

Sebelumnya, BPS DKI bekerja sama dengan Pemprov DKI menyediakan informasi dengan cara yang mudah dipahami, dicari, diakses, dan digunakan kembali di Jakarta. Masyarakat pengguna portal ini dapat memanfaatkan informasi yang tersedia, menciptakan teknologi dan berkontribusi terhadap pembangunan kota Jakarta.

Berdasarkan Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pengumpulan seluruh data yang tersedia di Portal Data Terpadu Provinsi DKI Jakarta https://satudata.jakarta.go.id/home merupakan domain publik.

“Bahkan kami sajikan satu data untuk Jakarta, kemudian satu data untuk satu kabupaten kecil, serta laporan Kementerian Dalam Negeri, kota, dan kabupaten. Setelah itu, kami pindah ke satu data RW,” kata Terezia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours