Resepsi Diplomatik di Penang dimeriahkan dengan menari Tortor bersama

Estimated read time 2 min read

Kuala Lumpur dlbrw.com – Resepsi diplomat Indonesia yang diselenggarakan Konjen RI di Penang dalam rangka memperingati 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 sangat menarik dan dihadiri oleh diplomat negara sahabat serta para Menteri. Penang mereka menari Tortor bersama.

Konjen RI Penang Wanton Saragih dalam konferensi pers yang digelar di Kuala Lumpur, Sabtu, mengatakan banyak diplomat negara sahabat dan Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow yang menghadiri resepsi diplomat di Indonesia berlangsung pada Jumat (20/9). ) malam

Menurutnya, ada kebahagiaan tersendiri, apalagi Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow dan sejumlah Konsul negara sahabat serta tamu undangan lainnya turut serta dalam tarian Tortor hingga sesuai dengan semangat persaudaraan dan anak-anak.

Ia mengatakan acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu dari kalangan bisnis, akademisi, media dan pemangku kepentingan lainnya yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia di Penang.

Wanton menjelaskan, hubungan kerja sama dengan Indonesia dan Malaysia khususnya Penang menunjukkan kemajuan di berbagai bidang.

Salah satunya ditandai dengan tingginya perpindahan masyarakat dari Indonesia ke Penang dan sebaliknya.

“Melalui udara, ada sekitar 80 penerbangan Penang ke Indonesia dengan rute Penang-Kuala Nam, Penang-Jakarta, Penang-Surabaya, dan Penang-Aceh dalam satu minggu. Wanton mengatakan, “Penerbangan ini merupakan yang terbesar setelah Kuala Lumpur-Indonesia. penerbangan.”

Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta di Pulau Jawa ke Ibu Kota Kepulauan di Pulau Kalimantan akan memberikan peluang lebih besar bagi hubungan dan kerja sama kedua negara.

“Peluang kerja sama kedua negara akan meningkat, termasuk di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata serta ‘people to people’.

Selama kunjungan Perdana Menteri Datuk Sri Anwar Ibrahim ke Indonesia pada tahun 2023, kedua negara menandatangani ‘letter of Intent’ untuk 11 proyek di ibu kota Indonesia.

Senada, Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow mengungkapkan hubungan kerja sama Indonesia dan Penang terus berkembang.

“Penang sangat bergantung pada dukungan masyarakat Indonesia untuk memperkuat posisi kami sebagai salah satu pusat wisata medis terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Pada resepsi diplomatik tersebut, KBRI Penang menyediakan makanan dan minuman tradisional Indonesia antara lain bakso, bir pletok, teh bunga, dan sate. Menyajikan menu khas Indonesia juga menjadi kegiatan pemasaran.

Khusus kopi tradisional Indonesia disajikan oleh “Cafe siTIgun, Micro Coffee Roastery” milik WNI di Penang.

Resepsi diplomatis tersebut juga menampilkan tradisi dan budaya pulau tersebut melalui pertunjukan tari tradisional dari Diamond Dance Center di Medan. Tarian yang ditampilkan adalah Tari Sembah Selamat Datang, Tari Saman dan Tari Sumatera Utara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours