Perjalanan Karier Almarhumah Marissa Haque, dari Akting Hingga Jadi Akademisi

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com. Jakarta – Marisa Grace Haq atau dikenal Marisa Haq Rabu (2/10/2024) 00.50 WIB. Istri musisi Ekang Fawzi ini menghembuskan nafas terakhirnya di usia 61 tahun.

Diketahui, mendiang Marissa terjun ke dunia hiburan saat ia mengisi waktu luangnya dengan aktif bernyanyi dan menari di Sanggar Swara Mahardika dibawah arahan Sukarno Putra Band. Pada tahun 1980, sutradara film MT Recyaf menawari Marisa peran dalam film Kembang Sezon.

Setelah itu, ia juga membintangi berbagai film epik seperti Live Lands for Lovers (1984) yang disutradarai Sophan Sofian dan Let That Me (1986). Atas penampilannya yang luar biasa dalam dua film, ia masuk nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia, dan meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya dalam Live Landas Buat Kekasih.

Marissa banyak dikenal masyarakat sebagai bintang iklan sabun Lux yang salah satunya adalah iklan pada tahun 1985. Selain di industri hiburan, Marisa juga menjajaki karir politik pada tahun 2004 sebagai anggota DPRK dari Partai Demokrat Indonesia. Partai Perjuangan Daerah Pemilihan (PDIP) Jawa Barat, yakni Kabupaten Bandung.

Namun, Marisa diberhentikan sebagai anggota pemilihan kepala daerah Banten pada Agustus 2006, dan Zulki Flemania, calon gubernur Banten yang dicalonkan oleh PKS dan Partai Sarkiyat Indonesia (PSI), mencalonkan diri bersama. KCD sekaligus tersingkir dari PDIP.

Marissa juga sangat memperhatikan pendidikan. Dia belajar hukum perdata di Universitas Trissex dan kemudian melanjutkan ke Universitas Katolik Atma untuk menyelesaikan Magister Bahasa Tunarungu. Marissa juga merupakan lulusan Magister Administrasi Bisnis dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pada bulan Februari 2012, beliau menerima gelar doktor dari Pusat Penelitian Ekologi Institut Pertanian Bogor. Sebelum meninggal dunia, Marisa juga diketahui aktif menjadi dosen di Fakultas Perbankan Universitas Indonesia (IBS) di Kemang, Jakarta Selatan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours