10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal, Waspada Rasa Gatal

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Tanda-tanda awal penyakit ginjal seringkali diwujudkan dengan gejala yang berbeda-beda. Penyakit ginjal merupakan suatu kondisi serius yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Kondisi ini bisa terjadi secara bertahap (progresif) atau tiba-tiba (akut).

Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik genetik maupun lingkungan. Seperti kencing manis, darah tinggi, glomerulonefritis, penyakit ginjal polikistik, infeksi saluran kemih, infeksi saluran kemih, penggunaan narkoba dan penyakit autoimun.

Diagnosis dini diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan komplikasi serius. Mengenali tanda-tanda awal penyakit ginjal penting dilakukan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, sangat disarankan agar Anda segera menghubungi dokter.

Berikut 10 tanda awal penyakit ginjal yang harus diwaspadai seperti dilansir Medical News Today, Kamis (1/8/2024).

10 Gejala Penyakit Ginjal Tahap Awal

1. Perubahan Frekuensi dan Volume Kencing

Salah satu tanda awal penyakit ginjal adalah perubahan frekuensi buang air kecil. Penderitanya bisa mengalami peningkatan atau penurunan buang air kecil, terutama pada malam hari (nokturia). Jumlah keluaran urin juga bisa berkurang atau bertambah tanpa sebab.

2. Warna urine tidak normal

Perubahan warna urine juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Urine berwarna gelap atau keruh, dan terkadang terdapat darah pada urine sehingga tampak merah atau coklat.

3. Basuh sekitar mata, tangan dan kaki

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan kesulitan mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Akibatnya, air bisa menumpuk dan menyebabkan pembengkakan (edema) di area mata, tangan, dan kaki.

4. Kelelahan yang tidak biasa

Ginjal yang sehat menghasilkan hormon eritropoietin yang membantu memproduksi sel darah merah. Jika ginjal rusak, produksi hormon ini menurun sehingga menyebabkan anemia dan kelelahan ekstrem.

5. Gatal terus-menerus

Penumpukan limbah dalam darah akibat berkurangnya fungsi ginjal dapat menyebabkan rasa gatal yang parah. Ruam ini biasanya tidak bisa disembuhkan dengan krim atau lotion.

6. Sesak napas

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, terlalu banyak cairan dapat menumpuk di paru-paru sehingga menyebabkan kesulitan bernapas. Anemia yang berhubungan dengan penyakit ginjal juga dapat menyebabkan diare.

7. Nyeri pada punggung atau samping tubuh

Nyeri di bagian bawah atau samping tubuh bisa menjadi tanda adanya masalah ginjal. Batu ginjal atau penyakit ginjal dapat menyebabkan nyeri hebat atau kram.

8. Nafsu makan menurun

Penumpukan racun dan limbah dalam tubuh akibat tidak berfungsinya ginjal dapat menyebabkan malnutrisi. Penderitanya sering merasa mual dan lapar.

9. Gugup dan Sulit berkonsentrasi

Anemia akibat penyakit ginjal dapat menyebabkan otak kekurangan oksigen sehingga mengakibatkan pusing, kebingungan, dan kesulitan berpikir.

10. Tekanan Darah Tinggi

Ginjal membantu mengatur tekanan darah. Jika ginjal rusak, kapasitasnya berkurang sehingga dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours