Harga Emas Dunia Capai Rekor Tertinggi, Masih Bakal Terus Melambung?

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Harga emas dunia mencapai rekor nilai sekitar 2.500 dolar AS per tiga ons. Pengamat memperkirakan pergerakan harga aset safe-haven akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024.

“Harga emas dunia menguat ke level 2.506 yang merupakan level tertinggi sejak sebelumnya menembus level resistance kunci di 2.489,” kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada wartawan, Sabtu (17/08/2024).

Ibrahim menjelaskan sejumlah alasan mengapa harga emas mencapai level tertingginya. Hal ini karena Amerika Di tengah inflasi yang terus menurun, ada indikasi kenaikan suku bunga kemungkinan besar akan terjadi pada September 2024.

Pekan depan, lanjut Ibrahim, Federal Reserve akan mengadakan pertemuan membahas suku bunga dan kemungkinan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga hingga Agustus 2024. Menurut dia, investor menunggu pengumuman resmi dari AS. Bank sentral pada bulan September, antara 25 basis atau 50 basis.

Di sisi lain, fokus investor kini juga tertuju pada konflik di Timur Tengah dimana Iran akan menyerang Israel, meski hingga saat ini belum terjadi, namun ketegangan politik di Timur Tengah dalam beberapa bulan mendatang kemungkinan besar akan terjadi. Mengalami gejolak yang cukup banyak,” tuturnya.

Kemudian, faktor lainnya adalah di Laut Cina Selatan, pasukan militer Filipina dan pasukan Jepang melakukan latihan perang bersama, dimana pasukan Tiongkok terus memantau latihan tersebut.

“Hal ini menimbulkan ketegangan baru di Laut Cina Selatan, dan menimbulkan ketegangan di Asia,” ujarnya.

Sentimen invasi Ukraina ke wilayah Rusia juga menjadi sentimen yang mendongkrak harga emas. Invasi tersebut dinilai cukup luar biasa karena hampir 1.500 kilometer (kilometer) wilayah Rusia dikuasai Ukraina. Situasi tersebut berbanding terbalik dengan fakta bahwa sebelumnya Rusia menentang Ukraina, dan kini Ukraina melakukannya. Oleh karena itu, ketegangan di Eropa terus meningkat.

“Ini merupakan kesempatan terbaik bagi investor untuk mengoleksi emas atau logam mulia dunia, sehingga wajar jika harga emas mencapai level US$ 2.500 per tiga ons,” ujarnya.

Apalagi, Ibrahim memprediksi, dengan harga emas global yang menembus AS

“Harga emas dunia kemungkinan besar akan mencapai level 2.560 dolar AS per troy ounce, dan ini merupakan level tertinggi pada bulan September,” jelasnya.

Ibrahim melanjutkan, jika harga emas benar-benar mencapai $2.560 per troy ounce pada September 2024, besar kemungkinan emas bisa mencapai level lebih tinggi di akhir tahun 2024.

“Pada akhir tahun, harga emas dunia akan mencapai 2.700 dolar AS per tiga ons. Pasalnya, kemungkinan besar AS akan kembali ke level 98,” jelasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours