Israel siapkan potensi serangan ke Iran, berkoordinasi dengan AS

Estimated read time 2 min read

Yerusalem dlbrw.com – Militer Israel dikatakan sedang mempersiapkan kemungkinan tindakan balasan terhadap Iran bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) menyusul serangan rudal balasan Iran ke Israel awal bulan ini, menurut laporan media Israel, Minggu (14/10). .

Menurut Channel 12, Israel telah “memutuskan bagaimana menanggapi Iran,” meskipun waktu pastinya belum ditentukan.

Pada Sabtu malam waktu setempat, militer Israel mengumumkan pengerahan sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Israel untuk melawan ancaman rudal jarak jauh Iran.

Channel 12 melaporkan bahwa pengerahan THAAD saat ini adalah bagian dari persiapan Israel untuk apa yang disebutnya sebagai serangan “besar” terhadap Iran, dan bahwa militer Israel bekerja sama dengan Amerika Serikat, yang akan diberitahukan sebelum mengambil tindakan apa pun terhadap Iran .

Sistem THAAD, yang akan digunakan oleh personel AS di Israel, dirancang untuk mencegat rudal balistik di ketinggian, yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan pertahanan udara Israel, menurut saluran tersebut.

Sistem yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Amerika Lockheed Martin ini dapat mencegat rudal jarak jauh dan jarak jauh.

Pada tanggal 1 Oktober, Iran melancarkan serangan yang melibatkan sekitar 180 rudal, yang diduga sebagai pembalasan atas pembunuhan mantan kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh dan Hizbullah serta pemimpin Tentara Revolusioner Hassan Nasrallah Abbas Nilforoushan di Teheran.

Militer Israel kemudian mengonfirmasi bahwa serangan rudal tersebut telah menghancurkan beberapa pangkalan udara dan mengindikasikan bahwa persiapan pembalasan terhadap Iran sedang dilakukan.

Iran membela serangan rudal tersebut, dengan mengutip Pasal 51 Piagam PBB, yang mengizinkan negara-negara anggota menggunakan kekuatan untuk membela diri setelah serangan rudal.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours