Sering jadi penambah BB anak secara instan, ini efek samping steroid

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Penyalahgunaan obat steroid untuk menambah berat badan (BB) secara cepat pada anak kini semakin meningkat, namun efek samping jangka panjangnya cukup mengganggu dan patut menjadi perhatian utama para orang tua.

Dalam conference call online, Kamis, Ketua Kelompok Kerja Koordinasi Endokrin (UKK) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Agustini Utari, SpA(K), menjelaskan, steroid sebenarnya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti: peradangan. Alergi parah, dan sebagai pengganti hormon pada anak dengan penyakit adrenal, namun kini sering digunakan oleh banyak pengasuh untuk mempercepat penambahan berat badan pada anak.

Steroid memiliki banyak manfaat, terutama pada kondisi medis tertentu, namun sebaiknya digunakan dengan hati-hati. Penggunaan jangka panjang dan dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping yang serius, seperti penambahan berat badan, perubahan suasana hati, dan gangguan tidur, kata Augustini.

Salah satu dampak negatif terpenting penggunaan steroid pada anak-anak adalah risiko berkembangnya sindrom Cushing, yang dapat menyebabkan keterbelakangan pertumbuhan dan bahkan osteoporosis.

“Steroid dapat menyebabkan pengeroposan tulang, osteoporosis, dan mudah patah tulang. Dapat menghambat lempeng pertumbuhan bayi sehingga menyebabkan tulang tidak tumbuh panjang, dan bayi akan terlihat gemuk namun pendek,” ujarnya.

“Jika Anda mengonsumsi steroid ini dalam jangka panjang, risiko terkena diabetes, kencing manis, bahkan katarak bisa tinggi,” tambahnya.

Agostini juga memperingatkan bahwa penghentian penggunaan steroid jangka panjang secara tiba-tiba bisa berakibat fatal karena kekurangan adrenal.

“Jika steroid dihentikan secara tiba-tiba, tubuh tidak bisa segera beradaptasi. Oleh karena itu, dosisnya harus dikurangi,” jelasnya.

Penting bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan steroid. Augustini menegaskan, steroid merupakan obat keras dan sebaiknya digunakan sesuai indikasi medis.

Dengan pengawasan yang ketat, manfaat pengobatan steroid pada anak dapat maksimal sekaligus meminimalkan risiko efek samping yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya di masa depan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours