Gandeng ACWA Power, PLN Siap Lebarkan Pemanfaatan Energi Bersih di Indonesia

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, Jakarta — PT PLN (Persero) telah menandatangani perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan perusahaan energi Arab Saudi ACWA Power untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung (PLTS) Saguling berkapasitas 92 megawatt. puncak (MWp) terletak di Jawa Barat.

Duta Besar Arab Saudi untuk RI Faisal Bin Abdullah Al-Amoudi mengatakan kerja sama pengembangan EBT ini merupakan hubungan bilateral pada tingkat strategis yang diprakarsai oleh pemimpin Indonesia dan Arab Saudi. Ia memperkirakan kerja sama ini akan meningkatkan perekonomian kedua negara.

“Kerajaan Arab Saudi seperti diketahui merupakan negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Timur Tengah, dan Indonesia merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Kedua negara tersebut mempunyai potensi yang besar dalam hal investasi, sehingga kami mendorong para investor untuk meningkatkan investasinya di negara-negara tersebut. Arab Saudi dan Indonesia,” – katanya.

Direktur Utama PLN Dharmawan Prasojo menjelaskan langkah strategis ini dilakukan untuk mendukung peningkatan energi baru terbarukan (EBT) sejalan dengan agenda transisi energi Indonesia.

“Bumi sedang bergerak, kita beralih dari pembangunan berbasis bahan bakar fosil ke pembangunan berbasis energi terbarukan. “Kebijakan transisi energi ke energi terbarukan sedang berjalan dan akan diumumkan di Azerbaijan pada COP29, dan 75 persen penambahan kapasitas akan berasal dari energi terbarukan,” kata Darmavan.

Dengan kebutuhan investasi yang besar, tentunya PLN tidak bisa melakukannya sendiri, lanjut Dharmavan. Ini adalah tantangan global yang memerlukan solusi global dan kerja sama global. Dan penandatanganan PPA ini menjadi bukti bahwa masyarakat dunia yang tadinya terpecah belah, kini bersatu.

“Pemanasan global menimbulkan tantangan besar, namun pada saat yang sama menghadirkan peluang unik, peluang pembangunan, peluang kerja sama di bidang strategi, inovasi teknologi, dan investasi bersama. Kami ingin generasi mendatang mempunyai masa depan yang lebih baik dari generasi kami. “Dan semuanya dimulai dengan kolaborasi unik ini,” kata Dharmavan.

Menurut Dharmawan, PLTS Terapung Saguling yang terletak di Waduk Saguling Jawa Barat berpotensi menurunkan emisi karbon sebesar 120.000 ton per tahun jika dioperasikan. Di sini, PLN Indonesia Power, sub-holding PT PLN (Persero), menguasai 51 persen saham, sedangkan sisanya dipegang ACWA Power.

“Kami berterima kasih kepada ACWA Power yang telah menandatangani PPA. Ini hanyalah permulaan dan simbol dari peluang kerja sama yang jauh lebih besar antara Arab Saudi dan Indonesia,” lanjut Dharmawan.

Kantor eksekutif ACWA Power Marco Arcelli mengatakan Indonesia merupakan negara dengan potensi energi hijau. Sebagai perusahaan desalinasi air swasta terbesar di dunia, ACWA Power menegaskan kesediaannya bekerja sama dengan PLN untuk mengembangkan energi ramah lingkungan di Indonesia.

“Di negara-negara dengan kepadatan penduduk yang tinggi, PV surya terapung atau ‘floatovoltaics’ adalah solusi terbaik dalam menggunakan energi surya. Pemandangan laut dan sinar matahari Indonesia memberikan peluang besar untuk proyek ini. “Kami bekerja sama dengan mitra kami PLN untuk meningkatkan pasokan listrik negara. produksi. Potensi energi terbarukan.

ACWA Power memperluas kehadirannya di Indonesia melalui investasi strategis yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan masa depan berkelanjutan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours