Meningkatkan peran bidan sebagai kepercayaan perempuan Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Ketua Pengurus Pusat Persatuan Bidan Indonesia (PP IBI) Dr. Ade Jubaedah S.Keb, Bdn, MM, MKM mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan peran bidan yang nyaman dan dapat dipercaya terhadap perempuan Indonesia.

Pelayanan yang terjangkau, pelayanan yang nyaman dan bidan menjadi kepercayaan perempuan Indonesia karena bidan adalah subjek perempuan, kata Ade dalam Temu Ilmiah Tahunan Bidan Tahun 2024 di Jakarta, Kamis.

Ade mengatakan bidan dapat memberdayakan perempuan dengan berbagi kekuasaan dan memberikan rasa aman karena bidan siap melayani kapan saja. Baca juga: BKKBN: 34 Persen Alat Kontrasepsi Modern Disediakan oleh Bidan Praktek Mandiri, Ade di Setiap Tahap Kehidupan Wanita, Sebelum Hamil, Bayi, Bayi. Memantau tumbuh kembang anak prasekolah.

“Dengan cara ini kita bisa berkontribusi besar dalam menurunkan angka kematian ibu, angka kematian anak dan tentunya pertumbuhan di Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan Survei Kesehatan Dasar tahun 2018, 82,5 persen pelayanan yang diberikan adalah bidan, tes kehamilan, 67 persen persalinan, dan 67 persen perempuan mendapat layanan kontrasepsi dari bidan. Baca juga: UNFPA: Praktik mandiri bidan harus dikelola untuk menjamin pemerataan layanan KB. IBI bekerja sama dengan DKT Indonesia untuk meningkatkan kualifikasi dan kemampuan bidan di lingkungan praktik mandiri, puskesmas, dan bidan ke bidan. Untuk pengembangan profesional.

Dengan berkembangnya peraturan pelayanan kesehatan di Indonesia, bidan menghadapi berbagai tantangan untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas.

“Peran bidan kini semakin penting mengingat peraturan yang semakin membaik. Tantangan untuk mempertahankan standar pelayanan kesehatan yang ketat harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan keterampilan bidan serta memastikan layanan kesehatan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. akan terus berlanjut. “Menempatkan bidan sebagai mitra terpercaya dalam pelayanan KB. Ini adalah upaya kami untuk memperkuatnya.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours