Paralimpiade 2024 dimulai di Paris dengan upacara penuh warna

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Paralimpiade 2024 resmi dibuka dini hari WIB di Paris dengan upacara penuh warna dan harapan yang menandai dimulainya 11 hari pertandingan olahraga bagi penyandang disabilitas yang masih merasakan nikmatnya Olimpiade. . kesuksesan

Presiden Prancis Emmanuel Macron secara resmi membuka acara tersebut dalam sebuah upacara di Place de la Concorde, menandai pertama kalinya upacara pembukaan Paralimpiade diadakan di luar stadion utama.

Sebanyak 4.400 atlet dari 168 delegasi memasuki lapangan saat matahari terbenam, tim tuan rumah Prancis masuk terakhir dan mendapat standing ovation dari 30.000 penonton yang memenuhi tribun di sekitar alun-alun bersejarah.

Cuaca cerah sangat kontras dengan hujan deras saat upacara pembukaan Olimpiade pada 26 Juli lalu.

Salah satu yang menarik dari acara tersebut adalah penampilan penyanyi Perancis Lucky Love, yang kehilangan lengan kirinya, membawakan versi bergerak dari “My power”. Lucky Love menampilkan penari penyandang disabilitas dan non-disabilitas.

Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC) Andrew Parsons menyatakan harapannya agar para atlet dan pengamat akan memulai “revolusi inklusi” sebelum Macron secara resmi membuka Paralimpiade.

Bendera Paralimpiade ditempatkan di alun-alun oleh John McFall, pelari Paralimpiade Inggris yang dipilih oleh Badan Antariksa Eropa sebagai ‘para-astronot’ pertama.

Atlet Olimpiade Prancis Florent Manaudou membawa obor ke arena, mengakhiri estafet obor selama empat hari dengan lima atlet Paralimpiade Prancis, peraih medali emas 2020 Alexis Hanquinquant dan Nantenin Keita, akhirnya menyalakan kuali simbolis di Taman Tuileries.

18 dari 35 venue Olimpiade juga akan digunakan untuk Paralimpiade, yang berlangsung hingga 8 September, termasuk Grand Palais dan Stade de France.

Penjualan tiket meningkat pesat sejak Olimpiade. Penyelenggara mengatakan lebih dari dua juta dari total 2,5 juta tiket telah terjual, dan beberapa tempat sudah penuh.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours