Belanda Menang Dramatis atas Polandia di Laga Perdana Grup D

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Timnas Belanda mengawali laga perdana Grup D dengan kemenangan telak 2-1 atas Polandia pada hari pertama Piala Eropa (Euro) 2024 di Volksparkstadion Hamburg, Minggu (16/16). ) 6/2024) sore. Polandia unggul lewat gol Adam Buksa sebelum Oranje membalikkan keadaan melalui dua gol Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Kemenangan ini menjaga Belanda tetap di posisi grup D dengan tiga poin, sedangkan Polandia di dasar klasemen, catatan laman resmi UEFA. Dua grup D lainnya, Prancis dan Austria, akan bertanding pada Selasa (18/6) dini hari WIB.

Holland langsung mengancam saat pertandingan dihentikan dua menit. Cody Gakpo menerima bola di sisi kiri dan melepaskan tembakan yang berhasil diselamatkan kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-9, Belanda mendapat peluang bagus. Tijjani Reijnders menyerang umpan Jerdy Schouten, namun tembakan pesepakbola Indonesia itu melenceng ke kanan gawang.

Belanda mendominasi penguasaan bola dan terus memberikan tekanan besar ke pertahanan tim Polandia. Belanda kembali menciptakan ancaman pada menit ke-14. Kali ini tembakan Xavi Simons dari sayap kanan, namun bola masih melebar ke kiri gawang.

Nyatanya, Polandia mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-16. Dari situasi sepak pojok, Adam Buksa menyundul umpan silang ke dalam kotak penalti meski diblok oleh Virgil van Dijk dan Denzel Dumfries. Polandia 1-0 Belanda.

Belanda terus menekan. Van Dijk mendapat peluang emas ketika tendangan volinya yang meneruskan umpan berhasil diblok oleh Szczesny.

Peluang lain belakangan ini gagal dimanfaatkan Belanda. Bola memantul di kaki Simons dan diterima Memphis Depay di area penalti, namun bola melambung tinggi.

Belanda akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Tendangan Gakpo dari depan kotak penalti membentur Bartosz Salomon hingga membuat Szczesny terhenti bergerak.

Polandia berusaha membalas gol Jakub Kiwior pada menit ke-32, yang tendangannya bisa diblok kiper Belanda Bart Verbruggen. Babak pertama berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Kedua tim memiliki kejelasan di babak kedua. Belanda terus menekan Polandia melalui tendangan Depay dan Simmons, namun kedua upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Polandia kembali mengancam pada menit ke-58. Upaya Jakub Kiwior dan Piotr Zielinski tak mampu menaklukkan kiper Bart Verbruggen.

Pelatih asal Belanda Ronald Koeman melakukan beberapa perubahan, salah satunya pada Wout Weghorst.

Perubahan itu membuahkan hasil. Belanda berhasil mengubah keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-83. Umpan Nathan Ake dari sisi kiri dituntaskan oleh Wout Weghorst yang tak terkawal dengan tembakan pertamanya ke pojok kiri atas gawang.

Polandia berusaha mengejar ketertinggalan. Tendangan Karol Swiderski berhasil diblok kiper pada menit ke-89.

Tidak ada gol yang tercipta di sisa waktu pertandingan. Belanda memenangkan pertandingan pertamanya di Piala Eropa 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours