Orang Dewasa Juga Tetap Butuh Vaksinasi, Ini Manfaatnya

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Dokter Spesialis Vaksinologi dan Penyakit Dalam Persatuan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr Dirga Shakti Rabe menjelaskan pentingnya vaksin untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Konsep vaksinasi dan vaksinasi adalah perlindungan sejak lahir sampai mati, jadi seumur hidup. Dari dalam kandungan sampai tua, kita ingin dilindungi dan dilindungi dengan vaksin sepanjang hidup, kata Dirga Jakarta, Minggu (25/8). /2024).

Dia menjelaskan bahwa beberapa vaksin diberikan pada masa kanak-kanak dan antibodi menurun seiring berjalannya waktu, sehingga diperlukan booster saat dewasa.

“Kemudian ada penyakit-penyakit yang khas di usia dewasa, seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal yang jarang terjadi pada anak-anak, bahkan tidak ada, dan ketika kita bertambah tua kita terkena penyakit yang berbeda-beda, sehingga harus ada perlindungan vaksin,” katanya.

Ia juga mengatakan masih ada orang dewasa yang belum pernah menerima vaksinasi pada masa kanak-kanaknya.

“Jadi seiring bertambahnya usia, vaksin menjadi lebih penting. Ada juga beberapa vaksin yang dikhususkan untuk orang dewasa, seperti vaksin herpes zoster misalnya untuk orang dewasa,” ujarnya.

Dirga mengatakan prinsip vaksin memang penting, namun pemilihan vaksin diperlukan dan ketersediaan vaksin juga sesuai untuk beberapa penyakit yang sedang diteliti oleh dokter dan spesialis.

“Ini juga soal urgensi atau keterjangkauan, biaya dan berbagai hal. Misalnya lansia di Malaysia 60, tapi kita bisa ke 50-60 karena kalau kita tua, penyakit degeneratif seperti diabetes, stroke, termasuk infeksi. , mungkin tidak semudah itu ketika kita masih muda.”

Saat ini lebih dari 50 persen vaksin disediakan oleh pemerintah, namun terbatas pada anak-anak, sedangkan orang dewasa masih membutuhkan pendanaan mandiri.

“Untuk orang dewasa di Indonesia sayangnya belum ada. Jadi hampir semua vaksin berbayar secara mandiri, tapi kita bersyukur ketersediaan vaksin jauh lebih baik dari sebelumnya, jadi kita sangat senang ada vaksin baru lagi.” katanya.

Ia juga mengapresiasi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi terhadap pandemi COVID-19, namun masih terdapat kendala dalam hal jaminan.

“Kemarin, kesadaran orang dewasa terhadap COVID-19 telah meningkat, jadi sekarang semakin banyak orang yang memahami pentingnya vaksin. Sekarang akses lebih mudah dari sebelumnya, akses lebih mudah, kita masih harus berupaya untuk memastikan hal itu dan terutama dibandingkan dengan vaksinasi anak-anak. , jaminan negara” – katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours