OJK: Penerimaan iuran PPIP naik sebesar Rp0,14 triliun

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan iuran Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) meningkat menjadi Rp0,14 triliun pada Agustus 2024 atau tumbuh 5,25 persen per tahun – kata pada tahun.

Di Jakarta, Kepala Penjaminan, Penjaminan, dan Pengawasan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono, Sabtu, mengatakan iuran pada program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) meningkat sebesar 1,05 triliun rupiah setiap tahunnya. atau dari tahun ke tahun (tahunan).

Berdasarkan laporan Agustus 2024, nilai utang berbunga pada saat jatuh tempo ditetapkan sebesar Rp 304,16 miliar, ujarnya. Turun dibandingkan Rp303,90 miliar pada Juli 2024.

Porsi iuran mengalami penurunan sebesar 0,35 triliun rupiah yang dipengaruhi oleh pengurangan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) sebesar 1,54 triliun rupiah, ujarnya.

Ogi mengatakan pengelolaan dana pensiun tentu saja terkait dengan mekanisme Asset-Liability Management (ALM). Selain itu, terdapat beberapa dana pensiun, khususnya skema pensiun, yang telah berhenti keanggotaannya. Tidak ada anggota baru.

“Oleh karena itu, besar kemungkinan dana pensiun ini cenderung memberikan dana pensiun lebih tinggi dibandingkan iuran, berbeda dengan kecenderungan jumlah anggota aktif DPLK atau dana pensiun masih lebih banyak dibandingkan anggota pasif (pensiunan),” ujarnya. dikatakan

Dari sisi industri dana pensiun, total aset dana pensiun per Agustus 2024 meningkat 9,07% year-on-year menjadi Rp1.485,43 triliun dibandingkan Rp1.361,87 triliun pada Agustus 2023.

Total aset program pensiun sukarela meningkat 4,83 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 378,45 triliun rupiah.

Total aset Skema Pensiun Wajib yang terdiri dari Skema Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, serta Skema Akumulasi Tabungan Hari Tua dan Pensiun, ASN, TNI, dan POLRI berjumlah Rp 1.106,97 triliun atau meningkat dari 10,60. persen

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours