Ketahanan pangan, Pemkot Jakpus tanam bawang merah di 69 titik

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menanam bawang merah di 69 titik wilayahnya untuk mewujudkan ketahanan pangan warga setempat.

“Hari ini kita lakukan gerakan tanam bersama, bersamaan di 69 titik kita sengaja menanam bawang merah, mudah-mudahan cocok dengan iklim dan tanah, sehingga bisa memberikan ketahanan pangan bagi warga Jakarta Pusat,” kata Wali Kota Jakarta Pusat. . . Dhany Sukma di Jakarta, Kamis.

Dhany mengatakan, selain menanam bibit cabai, bawang merah juga bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba dalam kontribusi Jakarta Pusat dalam menekan inflasi sekaligus menyiapkan pangan menyambut Natal dan Tahun Baru. Penanaman serentak ini melibatkan pengelola di setiap kecamatan, RT, RW dan Kawasan Masyarakat Terpadu Wilayah (RPTRA) serta kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tingkat kecamatan dan klaster Dasawisme. Baca juga: Kelompok Tani Desa Setu Panen Ikan 50Kg “Harapannya tiga bulan lagi apa yang kita tanam hari ini bisa kita panen. dengan cabai, kangkung, “bawang, jeruk nipis, jeruk nipis, terong sehingga bisa kita jadikan santapan keluarga,” jelas Dhany.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, pihaknya bersama kelompok PKK total menanam bawang merah sebanyak 10 kilogram lebih di 69 titik bawang merah. Wadahnya pakai liter. Jadi, kita manfaatkan kembali supaya bisa pakai wadah yang bisa digunakan kembali. Di atapnya ada 20 liter dan setiap liternya ada tiga bawang merah, bawang merahnya langsung dari Brebes.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III Penguatan Ketahanan Keluarga TP-PKK DKI Provinsi Jakarta Khomariah Maruloh mengapresiasi kegiatan penanaman ini sekaligus ekspektasi tingginya harga cabai dan bawang merah. Baca juga: Organisasi Tiongkok Mendukung Kebijakan Ketahanan Pangan “Adalah pekerjaan yang baik untuk menekan laju inflasi di Jakarta, apalagi harga lada dan bawang merah naik pesat pada waktu-waktu tertentu dan menyambut Natal dan Tahun Baru. meningkat,” kata Khomariah. Menurut Khomariah, pemanfaatan lahan ini menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lain dalam hal menanam cabai, bawang merah, sayuran, atau tanaman subur lainnya.

Insya Allah warga Jakarta Pusat bisa memanfaatkan bawang merah hasil panennya di rumah, kata Khomariah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours