Jokowi dan Prabowo Upacara 17 Agustus di IKN, Maruf Amin dan Gibran di Istana Merdeka

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 akan digelar di dua lokasi, yakni Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN), Kalimantan Timur dan Istana Merdeka Jakarta. Para tamu undangan pun telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf mengungkapkan, upacara IKN akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden terpilih Prabowo Subianto, mantan presiden dan masyarakat, serta pegawai IKN.

Sedangkan upacara di Istana Merdeka akan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, dan para mantan Wakil Presiden.

Berikut daftar tamu undangannya:

Di Istana Negara IKN:

Presiden dan Ibu Negara

Mantan presiden

Presiden terpilih

Pimpinan lembaga negara

Menteri

Panglima TNI

Inspektur Polisi Negara

Tokoh agama

Tokoh masyarakat

Pekerja budaya

Penonton besar di sekitar IKN

Pegawai IKN

Baca juga: Lacak Siaran Agar Merah Putih Tetap Berkibar di IKN

Istana Merdeka di Jakarta:

Ketua kedua

Wakil Presiden Terpilih

Mantan Wakil Presiden

Menteri

Tokoh masyarakat

Tokoh agama

Pekerja budaya

Perwira ASN TNI Polri

Warga sekitar Istana Merdeka Jakarta.

Yusuf juga mengungkapkan, persiapan upacara peringatan Proklamasi Kedua di Ibu Kota Negara (IKN) berjalan sesuai rencana. “Persiapan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi sejauh ini berjalan baik sesuai rencana,” kata Yusuf.

Yusuf mengatakan pemerintah juga akan terus mengadakan rapat koordinasi mingguan untuk meninjau dan menilai kemajuan persiapan di sektor tersebut. Sarana dan Prasarana baik Istana Negara IKN maupun Istana Merdeka Jakarta semakin disempurnakan dan ditingkatkan agar kedepannya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta dapat memberikan rasa nyaman dan kepuasan kepada para tamu yang hadir pada acara tersebut. , baik di IKN maupun Jakarta,” jelasnya.

Yusuf juga menjelaskan, tidak ada perbedaan signifikan dalam upacara militer atau acara besar. Sebab kata dia, kegiatan upacara sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) tersendiri.

“Untuk acara penunjang lainnya, termasuk hiburan, tentunya kami mengedepankan kearifan budaya Indonesia yang beragam,” kata Yusuf.

“Pada acara selanjutnya kita akan menampilkan karya seni dari Provinsi DKI dan provinsi lain di Pulau Kalimantan. Akan ada hiburan lainnya dari pencipta kebanggaan,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours