Ini Tips Lulus Ujian Kenaikan Tingkat ala UKM Taekwondo Universitas Nusa Mandiri

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Lulus Ujian Peningkatan Jenjang (UKT) Taekwondo merupakan bagian penting dalam perjalanan seorang atlet Taekwondo. Taekwondoin adalah sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan bela diri taekwondo.

Untuk menjamin kelulusan ujian, atlet harus mempersiapkan diri secara matang, baik fisik maupun mental. 

Berikut beberapa tips lulus Ujian Promosi Tingkat UKM Taekwondo Universitas Nusa Mandiri yang bisa Anda praktikkan.

1. Tertibnya pengelolaan UKT sesuai tingkat zona yang diusahakan

Pastikan semua administrasi sudah beres, termasuk pendaftaran ujian, pengisian formulir, dan pembayaran biaya ujian. Semua dokumen lengkap dan dikirim tepat waktu. Penting untuk fokus pada persiapan fisik dan mental tanpa mengkhawatirkan masalah administrasi.

2. Berlatih secara rutin sesuai bidang studi Anda (Kyorugi/Poomsae)

Latihannya konsisten dan sesuai dengan bidang yang dipelajari yaitu Kyorugi (pertarungan) atau Poomsae (peragaan sikap). Bagi Kyorugi, fokusnya adalah pada teknik bertarung, kecepatan, dan strategi. Di Poomsae, fokuslah pada keindahan gerakan, ketepatan dan kekuatan.

3. Menguasai materi teknik dasar sikap, pukulan, tendangan, pertahanan dan pemotongan

Teknik dasar meliputi jurus, tendangan, pukulan, dan blok. Baik di Poomsae maupun Kyorugi, menguasai teknik dasar ini sangatlah penting. 

4. Peregangan untuk mencegah cedera dan meningkatkan kelenturan

Peregangan membantu mencegah cedera dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga untuk mempersiapkan otot dan persendian Anda. Fleksibilitas yang baik akan membantu Anda mengeksekusi tendangan dan gerakan dengan lebih efisien.

5. Istirahat yang cukup dan menjaga pola makan sebelum ujian

Istirahat yang cukup, hindari rasa lelah, jaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hindari makanan berat dan sulit dicerna pada malam sebelum ujian dan pastikan Anda terhidrasi dengan baik.

6. Pastikan Dobok (seragam Taekwondo) bersih dan rapi pada saat ujian

Penampilan yang rapi dan bersih menunjukkan rasa hormat terhadap seni bela diri Taekwondo dan juga kepada penguji. Pastikan dobok dicuci dan disetrika dengan benar sebelum pengujian. 

7. Datang tepat waktu, disiplin mengikuti petunjuk, fokus dan hormat pada saat ujian

Disiplin merupakan salah satu nilai fundamental Taekwondo. Datang tepat waktu pada hari ujian dan mematuhi semua instruksi penguji, tetap fokus dan menunjukkan rasa hormat kepada penguji dan peserta lainnya. 

8. Berdoa dan percaya pada diri sendiri

Jangan lupa berdoa dan menjaga amanah. Doa dapat memberikan ketenangan batin dan meningkatkan rasa percaya diri sehingga dapat lulus ujian dengan baik. Percaya diri adalah kunci kinerja optimal. 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours