George Russell Batal Juara GP Belgia, Begini Posisi Klasemen F1 Sekarang

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Kegembiraan pebalap Mercedes George Russell usai finis tercepat di Grand Prix Belgia 2024 hanya bersifat sementara. Ia harus menerima kenyataan gagal menang setelah didiskualifikasi karena mobilnya dinyatakan tidak mencapai batas minimal bobot.

Laporan delegasi teknis yang dirilis setelah balapan menyatakan bahwa mobil tersebut awalnya memenuhi persyaratan berat minimum 798kg. Namun setelah menghabiskan 2,8 liter bahan bakar, ternyata bobot mobil tidak mencapai batas minimum.

“Mobil tidak terisi bahan bakar sesuai prosedur pengurasan yang diberikan tim dalam dokumen legalitas, sebagaimana telah dipatuhi Pasal 6.5.2 TR,” demikian laporan F1, Senin (29/07/2024).

Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu, Russell mencatatkan waktu tercepat 1 jam 19 menit 57,040 detik mengalahkan rekan setimnya Lewis Hamilton yang naik podium untuk kedua kalinya.

Russell meraih kemenangan dengan menerapkan strategi one-stop di pit, yang membuatnya menjaga kondisi ban keras sepanjang balapan.

“Mobil tersebut ditimbang ulang pada timbangan internal dan eksternal FIA dengan bobot 796,5kg. Kalibrasi timbangan eksternal dan internal dikonfirmasi dan disaksikan oleh para kompetitor,” tulis Formula 1.

“Karena ini 1,5kg di bawah berat minimum yang disyaratkan dalam Pasal 4.1 TR, yang juga harus dihormati selama balapan, saya telah merujuk masalah ini ke steward untuk dipertimbangkan,” tulis F1.

Dengan diskualifikasi yang diterima pebalap asal Inggris itu, posisi teratas GP Belgia kini ditempati Lewis Hamilton, disusul Oscar Piastri dari McLaren, dan podium ketiga direbut Charles Leclerc dari Ferrari.

“Kami harus menerima keputusan ini dan kami memutuskannya sendiri. Inilah situasinya, kesalahan telah dilakukan,” kata bos Mercedes Toto Wolff.

Hamilton berada di urutan keenam

Tambahan 25 poin yang didapat Lewis Hamilton dari Grand Prix Belgia masih gagal mengantarkannya ke posisi lima besar klasemen.

Di puncak klasemen, Max Verstappen dari Red Bull tetap kokoh dengan koleksi 277 poin meski finis keempat di Grand Prix Belgia. Kemudian di posisi kedua ada Lando Norris dari McLaren yang memperoleh 199 poin.

Di posisi ketiga ada pembalap Ferrari Charles Leclerc yang meraih podium ketiganya di Grand Prix Belgia dan kini mengoleksi 177 poin. Sementara itu, pembalap McLaren Oscar Piastri yang mencetak podium keduanya di Grand Prix Belgia masih berada di peringkat keempat dengan koleksi 167 poin. Setelah Piastri, Carlos Sainz berada di urutan kelima, tertinggal lima poin.

Sedangkan Lewis Hamilton yang memperoleh tambahan 25 poin kini berada di peringkat keenam dengan 150 poin. Rekan setim Verstappen, Sergio Perez, berada di urutan ketujuh dengan 131 poin. Kemudian George Russell yang tak mencetak satu poin pun di Grand Prix Belgia kini berada di peringkat kedelapan dengan 116 poin.

Di peringkat kesembilan dan kesepuluh ada duo Aston Martin, Fernando Alonso dan Lance Stroll yang masing-masing mengoleksi 49 poin dan 24 poin.

Formula 1 kemudian akan diliburkan selama sebulan karena memasuki musim panas. Usai jeda, Grand Prix Belanda akan digelar di Zandvoort pada 25 Agustus.

Laporan laman Formula 1 Senin, berikut sepuluh besar klasemen selepas GP Belgia:

1. Max Verstappen (Red Bull) – 277 poin

2. Lando Norris (McLaren) – 199 poin

3. Charles Leclerc (Ferrari) – 177 poin

4. Oscar Piastri (McLaren) – 167 poin

5. Carlos Sainz (Ferrari) – 162 poin

6. Lewis Hamilton (Mercedes) – 150 poin

7. Sergio Perez (Red Bull) – 131 poin

8. George Russell (Mercedes) – 116 poin

9. Fernando Alonso (Aston Martin) – 49 poin

10. Lance Stroll (Aston Martin) – 24 poin

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours