Kementerian PUPR: Tol IKN dapat dimanfaatkan untuk perayaan HUT RI

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota (IKN) menyatakan Tol Akses IKN dapat digunakan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Nusantara. Kalimantan Timur.

Dapat difungsikan untuk upacara kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, kata Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota (IKN) RI Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Jumat.

Danis menambahkan, progres pembangunan Proyek Tol Akses IKN sudah mencapai sekitar 90 persen dan sudah diaspal.

“Jalan tol sudah selesai, fokusnya di tol IKN yaitu seksi 3A, 3B, dan 5A. Progresnya bagus dan sudah diaspal,” ujarnya.

Untuk lebih jelasnya, Tol IKN dapat memperpendek jarak Balikpapan menuju Kawasan Pemerintahan Inti (KIPP) IKN yang sebelumnya melewati Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Penyeberangan Sepaku dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 15 menit dengan jarak 95 menit. km, hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Jaringan tol ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, khususnya melintasi Tol IKN dan Jembatan Pulo Balang.

Kementerian PUPR menargetkan tol IKN Kaltim tahap 1 selesai pada Juli.

Untuk tahap 1, pembangunan tol IKN dilakukan pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 57 persen, dan Seksi 5A Tempadung. Jembatan Simpang Pulo Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen. Ketiga ruas tersebut ditargetkan selesai dan beroperasi pada Juli 2024.

Untuk Seksi 6A Rencana Lingkar Luar Riko-IKN dan Seksi 6B Rencana Lingkar Luar ITCI-Simpang 3, saat ini telah dimulai pembebasan lahan dan konstruksi dengan progres sebesar 4,8 persen di Seksi 6A dan 17,5 persen di Seksi 6B.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours