5 Cara Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah, Salah Satunya Kurangi Stres

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Arteriosklerosis merupakan kondisi berbahaya yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius. Salah satu yang paling umum adalah penyakit arteri koroner.

Umumnya dikenal sebagai aterosklerosis, aterosklerosis adalah suatu kondisi di mana arteri menjadi sempit atau keras. Ini karena plak menumpuk di dinding pembuluh darah.

Ketika aterosklerosis terjadi, arteri menjadi tersumbat. Akibatnya suplai atau aliran darah ke dalam tubuh pun terganggu.

Mengingat kondisi dan dampaknya yang berbahaya, penting untuk mengetahui cara mencegah kemacetan pembuluh darah. Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2024), berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda menghindarinya.

Cara mencegah penyempitan pembuluh darah1. Makan makanan sehat “Mencegah lebih baik daripada mengobati.” Usulan ini sepertinya bisa menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah.

Cara mudah untuk mencegah atau menunda aterosklerosis adalah dengan mengurangi faktor risiko. Nah, itu termasuk menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Menurut MayoClinic, pola makan sehat dapat membantu mengontrol berat badan, tekanan darah, dan kolesterol.

Selain memperbanyak makan buah, Anda bisa menggunakan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun. Jadi jangan lupa untuk mengurangi atau menghindari gula.

2. Mengurangi stres dan stres yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk mengelola stres Anda agar tidak menjadi berlebihan.

Menurut WebMD, Anda bisa mengurangi stres dengan aktivitas seperti yoga atau relaksasi. Latihan-latihan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah untuk sementara, sehingga mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis.

3. Berhenti Merokok Merokok diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan nikotin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras.

Berhenti merokok merupakan cara bijak untuk mencegah penyempitan pembuluh darah. Jika Anda tidak bisa melakukannya sepenuhnya, Anda bisa mulai melepaskannya sedikit.

4. Menjaga berat badan ideal. Sadarilah bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Sedikit penurunan berat badan dapat membantu mengurangi risiko ini. Hal ini bisa dilakukan dengan pola makan sehat atau setelah program olahraga.

5. Lakukan olahraga teratur Olahraga teratur akan menjaga tekanan darah tetap sehat dan melancarkan aliran darah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh malas berolahraga.

Tidak perlu olahraga lama atau berat, lakukan secara perlahan namun teratur. Jika diperlukan, Anda bisa menonton berbagai tutorial sederhana di YouTube.

Ada beberapa cara mencegah varises yang bisa Anda coba. Saya harap ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours