Oppo umumkan ColorOS 15 dengan tampilan baru dan fokus pada AI

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Perusahaan teknologi Oppo mengumumkan ketersediaan ColorOS 15, sistem operasi berbasis Android 15 yang menghadirkan tampilan baru dan fokus pada peningkatan penggunaan kecerdasan buatan (AI).

Berdasarkan rilis GSM Arena, Kamis (17/10), pembaruan tampilan yang hadir bersama sistem operasi tersebut meliputi ikon aplikasi, efek pencahayaan dinamis, pencahayaan alami, dan elemen bayangan di seluruh layar pengguna.

Mesin Aurora dan Tidal melakukan peningkatan pada pemrosesan paralel animasi dalam aplikasi sehingga pengguna dapat merasakan animasi bebas lag bahkan ketika berpindah antar aplikasi dengan cepat.

Sistem ini juga memiliki efek gerakan baru dengan animasi berkelanjutan yang mulus serta beberapa optimasi sistem yang meningkatkan respons aplikasi sebesar 18 persen dan membuat instalasi aplikasi 26 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Dalam hal peningkatan AI, ColorOS 15 memungkinkan pengguna memanggil asisten AI bernama XiaoBu untuk melakukan percakapan alami.

Selain itu, ada opsi Lingkaran untuk Mencari yang dapat digunakan di layar untuk pencarian cepat.

Oppo meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar menggunakan AI dalam sistem operasinya, sehingga pengguna dapat dengan mudah menghilangkan bagian gambar atau bayangan serta mengurangi efek blur pada potret.

Fitur Live Photos kini juga mendukung teknologi stabilisasi gambar elektronik.

Penambahan fitur AI lainnya di ColorOS 15 mencakup aplikasi Notes yang dapat memformat dan menyingkat catatan, fitur pemindaian dokumen baru dengan kemampuan ringkasan dan terjemahan ke bahasa, serta perekam suara yang dapat menyingkat rekaman dan menulis di sana.

Belum diketahui berapa jumlah dukungan bahasa pada ColorOS 15, namun sejauh ini Oppo AI baru mendukung bahasa Inggris, China, dan Hindi.

ColorOS 15 akan tersedia pra-instal pada perangkat seri Oppo Find X8 dan OnePlus 13 di Tiongkok.

Model lama termasuk seri Find X7, Find N3, Find N3 Flip, dan seri OnePlus Ace 3 akan menerima pembaruan mulai November 2024.

Pembaruan terakhir akan dilakukan pada Maret 2025 dan Oppo Reno8 Pro+ akan menjadi salah satu ponsel yang menerima pembaruan ColorOS 15 saat itu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours