Pejuang ASN Wajib Catat! Ini Link dan Kuota Pendaftaran PPPK 2024

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Inilah pass dan kuota rekrutmen PPPK 2024 yang harus diketahui para pejuang ASN. Mulai Selasa (1/10/2024), pendaftaran pegawai pemerintah dengan kontrak kerja (PPPK) tahun 2024 telah dibuka. Untuk informasi selengkapnya mengenai masalah ini, artikel kali ini akan membahasnya, simak yuk!

Link dan Kuota Pendaftaran PPPK 2024

Pendaftaran PPPK 2024 dibuka dalam dua gelombang. Semester I dibuka mulai tanggal 1 hingga 20 Oktober 2024 bagi pelamar prioritas, antara lain pelamar prioritas guru tahun 2023 dan guru D-IV kebidanan.

Setelah itu, menurut database THK-II BKN, mantan pegawai Honorer kategori II (eks THK-II), serta pegawai non-ASN terdaftar di database BKN.

Sementara itu, Periode II berlanjut pada 17 November hingga 31 Desember 2024 bagi pelamar non-ASN yang aktif bekerja di lembaga negara, termasuk lulusan PPG untuk pelatihan guru di lembaga daerah.

Pelamar PPPK 2024 dapat melakukan persiapan dengan membuat akun di link sscasn.bkn.go.id. Namun tidak semua pelamar bisa mendaftar PPPK 2024. Hanya empat kategori pelamar yang dapat mendaftar.

Ada empat kategori pelamar yang bisa mendaftar, yaitu pelamar prioritas (pelamar prioritas dan bidan pada pelatihan D4 tahun 2023), mantan pegawai honorer kategori II (eks-THK-II), pegawai non-ASN yang terdaftar di database BKN, dan pegawai . non-ASN aktif bekerja di lembaga negara (termasuk lulusan PPG untuk pelatihan guru di lembaga daerah).

Pada tahun 2024, pemerintah menetapkan komposisi PPPK terbesar sebanyak 1.031.554 orang dari total komposisi Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 sebanyak 1.280.547 orang. Besaran khusus komposisi PPPK ini merupakan upaya melengkapi aturan non-ASN. pegawai di instansi pemerintah.

Seleksi PPPK hanya dilakukan dua tahap

Sedangkan untuk seleksi PPPK hanya melalui dua tahap yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial budaya pelamar dengan standar kompetensi kerja.

Ini akan dilanjutkan dengan wawancara berbasis komputer yang akan digunakan untuk menilai integritas dan moral peserta. Seleksi PPPK 2024 melalui Computer Aided Test (CAT) dengan kelulusan ditentukan berdasarkan nilai terbaik. Tidak ada batasan nilai dalam seleksi, namun pelamar dianggap berhasil jika memiliki nilai terbaik pada pendaftaran PPPK 2024.

1. Buat akun SSCASN

Beberapa dokumen diperlukan untuk membuat akun Sscasn seperti:

KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)

Kartu Keluarga

Sertifikat

Transkrip

Pas foto

Dokumen yang diperlukan oleh instansi antara lain surat pemberitahuan dan surat lamaran

Kemudian masukkan informasi diri Anda, foto selfie, foto KTP dan isi semua kolom.

2. Daftar di PPPK

Klik tombol Lanjutkan pendaftaran lamaran atau buka kembali portal SSCASN dan login dengan akun yang terdaftar di https://sscasn.bkn.go.id pada bagian pengisian Biodata, baca dan masukkan gelar ijazah nama, informasi nama masih bersama dengan email dan jenis kelamin dapat berubah.

Tulis nama di depan ijazah dan nama di belakang ijazah, jika tidak, isikan – masukkan alamat yang sesuai dengan KTP Anda dan tulis apakah Anda mengikuti program beasiswa atau tidak.

Pilih Jenis Disabilitas Jika memilih selain Non Disabilitas, lengkapi Tautan Video Disabilitas sesuai dengan Jenis Disabilitas yang dipilih. Masukkan alamat tempat tinggal Anda termasuk kabupaten dan kelurahan, negara, negara bagian dan kabupaten/kota, akun media sosial, tinggi badan, status perkawinan, agama, nomor telepon, nomor ponsel dan tanda tangan pada kolom yang tersedia.

Pilih jenis pilihan PPPK pada bagian jenis pilihan dan registrasi formasi. Jika Anda mantan anggota THK-II, “Apakah Anda mantan anggota THK-II?” Pilih Ya untuk pertanyaan itu. Klik tombol Berikutnya.

3. Opsi keagenan dan konstruksi yang lengkap

Pilih agensi dan jenis formasi.

Jika Anda memilih PPPK Kesehatan, periksa kota tempat penyedia layanan kesehatan berada.

Begitu pula dengan peluang kerja lainnya.

Klik Pilih untuk menampilkan formulir tambahan yang harus diisi atau Ulangi untuk mengubah lembaga dan formasi yang dipilih.

Pilih lokasi.

Jika diizinkan oleh agensi, pilih lokasi tes.

Isi IPK berdasarkan data transkrip atau isi transkrip SMA.

Masukkan jenis hasil tes bahasa Inggris dan nomor hasilnya.

Isikan nilai pelamar pada kolom sebelah.

Isikan nomor ijazah.

Masukkan tahun kelulusan sesuai yang tertera pada ijazah.

Masukkan tanggal ijazah sesuai yang tertera pada ijazah.

Masukkan nama sekolah atau perguruan tinggi dan nama program studi sesuai yang tertulis pada ijazah. Isikan kode CAPTCHA. Klik tombol Berikutnya.

4. Lengkapi riwayatnya

Buka bagian Isi riwayat, isi riwayat pekerjaan Anda jika tersedia atau tekan tombol

Kemudian langsung ke langkah selanjutnya.

Unggah dokumen sesuai dengan persyaratan lembaga dan persyaratan format.

Periksa kembali jenis dokumen dan ukuran dokumen yang dapat diunggah ke sistem.

Klik Unduh, lalu telusuri file di komputer Anda.

Apabila dokumen berhasil diunggah, maka status dokumen akan berubah menjadi Terunggah.

Periksa kembali dokumen yang diunggah dengan mengklik tombol pratinjau.

Jika salah mendownload, klik kembali Download, lalu cari dokumen yang benar agar sistem mengingat dokumen yang terakhir diunduh.

Jika pemohon mengunggah file yang tidak memenuhi syarat unggah dokumen, maka akan muncul kotak error.

Setelah semua dokumen diunggah, periksa kembali apakah dokumen tersebut sesuai dengan persyaratan dan format lembaga. Jika Anda yakin semua dokumen relevan, klik Berikutnya.

5. Pemulihan pendaftaran

Buka bagian resume, baca dan periksa kembali informasi yang diisi.

Jika Anda tidak yakin atau ingin memperbaiki informasi sebelumnya, klik Sebelumnya.

Periksa kebenaran informasi yang dimasukkan ke dalam sistem dan pastikan, klik tombol Lihat Dokumen yang Diunggah.

Setelah memastikan tidak ada kesalahan, centang semua kotak dari Nama Agensi hingga Persyaratan Agensi dengan mengklik.

Klik Akhiri Pendaftaran.

6. Cetak kartu informasi rekening

Klik Cetak Kartu Pendaftaran PPPK untuk mencetak Kartu Pendaftaran PPPK.

Pastikan untuk memperbaiki informasi yang salah atau kesalahan ketik sebelum menyelesaikan pendaftaran Anda.

Karena datanya nanti tidak bisa diperbaiki. Kemudian selesaikan pendaftaran hingga tahap terakhir agar pihak instansi dapat melakukan verifikasi berkas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours